Pengaruh penggunaan media komik sholat tarawih terhadap motivasi belajar siswa kelas III mata pelajaran fiqih di MI Ma’arif Banyukuning Semarang tahun pelajaran 2019/2020

Afriliya, Isna (2022) Pengaruh penggunaan media komik sholat tarawih terhadap motivasi belajar siswa kelas III mata pelajaran fiqih di MI Ma’arif Banyukuning Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096128_Isna Afriliya_Full] Text (Skripsi_1603096128_Isna Afriliya_Full)
1603096128_Isna Afriliya_Full Skripsi_PDF - Isna Afriliya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Media Komik adalah suatu bentuk media komunikasi visual yang mempunyai kekuatan untuk menyampaikan informasi secara popular dan mudah dimengerti. Media komik tersendiri mempunyai beberapa kelebihan salah satunya adalah media yang menarik akan menjadikan siswa lebih termotivasi, media komik juga mudah dibawa pulang siswa, sehingga siswa tidak hanya belajar di sekolah namun juga bisa belajar di rumah. Dalam penelitian ini diharapkan media komik dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Komik Sholat Tarawih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Banyukuning Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research. Bentuk field research dalam penelitian ini yaitu true field research (benar benar penelitian lapangan) jenis “posttest only control design” pengujian hipotesis hanya menggunakan nilai angket. Dalam penelitian ini terdapat 2 kelas. Kelas III terdiri dari III A berjumlah 20 siswa dan IIIB berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas III B.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk memperoleh daftar nama siswa kelas
Lembaga pendidikan yang disebut Madrasah Ibtidaiyah adalah madrasah dengan ciri agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama. Di Madrasah Ibtidaiyyah diajarkan sejumlah mata pelajaran untuk mencapai tujuan kurikuler. Salah satu mata pelajaran itu adalah Fiqih. Tujuan mata pelajaran Fiqih yang tercantum di dalam GBPP Madrasah Ibtidaiyah itu antara lain mengacu pada tujuan tersebut, maka perilaku dan amalan harus merupakan cerminan dari keimanannya, artinya semua amalan dan perilakunya akan dipertanggungjawabkan kepada Allah. Amalan dan perilaku ini dapat tercapai jika mata pelajaran tersebut berhasil.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian lapangan merupakan suatu penelitian untuk memperolah data-data yang sebenarnya terjadi di lapangan. Sedangkan bersifat kuantitatif berarti menekankan analisis pada data numerikal (angka) yang diperoleh dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data mengenai media komik dan minat belajar siswa, penulis menggunakan pendekatan studi lapangan atau Field Research. Penelitian ini dipergunakan untuk memperoleh data kongkrit yang terjadi di lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode Observasi, Angket, wawancara dan Dokumentasi. Dalam menganalisis data yang telah terkumpul dari hasil penelitian, kemudian penulis menganalisis dengan analisis kuantitatif/analisis data statistik dengan Analisis Pendahuluan, Analisis Uji Hipotesis dan Analisis Lanjut.
Sejumlah 18 anak didik telah kami jadikan sampel dalam penelitian ini. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Dari hasil penelitian yang penulis buat, pengaruh media komik terhadap motivasi belajar siswa kelas IIIB mata pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Banyukuning Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari besarnya rhitung= 0,694 dan rtabel dengan signifikansi 5% = 0.4683, dan hasil analisis product moment dilanjutkan dengan analisis lanjutan yakni Analisis Varians Regresi Sederhana, hasil dari Fhitung adalah 14,02. Dan nilai Ftabel 5% signifikansi yakni 4,21 karena jumlah sampel 18 dan nilai Variabel 1. Ini berarti pengaruh media komik akhlak berpengaruh besar terhadap minat belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan yaitu ”ada pengaruh penggunaan media komik terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih kelas III di MI Ma’arif Banyukuning Semarang tahun pelajaran 2019/2020” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Komik; Motivasi belajar; Fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:47
Last Modified: 31 Jan 2023 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics