Pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di Kelas IV MI Al-Ghozali Mranggen

Zakiyyah, Lutfi (2022) Pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di Kelas IV MI Al-Ghozali Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096126_Lutfi Zakiyyah_Lengkap] Text (Skripsi_1803096126_Lutfi Zakiyyah_Lengkap)
1803096126_Lutfi Zakiyyah_Lengkap Tugas Akhir - Lutfi Zakiyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga Dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di MI Al-Ghozali Mranggen. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh kelas IV 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji t yaitu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep KPK siswa sebelum dan sesudah digunakannya model kooperatif berbantu alat peraga dakota menjadi semakin meningkat. Dibuktikan dari hasil pemahaman konsep matematika dengan yang menggunakan model kooperatif berbantu alat peraga dakota adalah 78,00 sedangkan dengan yang menggunakan metode konvensional dengan media papan tulis adalah 62,50. Sedangkan dari uji t diperoleh nilai t sebesar 4,376 dengan sig (2-tailed) 0,000. Karena diperoleh nilai sig < 0,05 sehingga secara signifikan maka dapat peneliti simpulkan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di MI Al-Ghozali Mranggen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif; Alat peraga dakota; Pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:52
Last Modified: 31 Jan 2023 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics