Analisis minat peserta didik memilih sekolah di MTs Darul Ulum Semarang

Hapsari, Ivana (2023) Analisis minat peserta didik memilih sekolah di MTs Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036054_Ivana Hapsari_Lengkap] Text (Skripsi_1503036054_Ivana Hapsari_Lengkap)
1503036054_Ivana Hapsari_Tugas Akhir Lengkap - Ivana Hapsari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Minat merupakan hal yang sangat penting dalam setiap individu yang hendak melanjutkan ke jenjang sekolah selanjutnya. Dengan adanya minat akan mendorong peserta didik untuk bisa memilih sekolah apa yang hendak mereka pilih dan mereka sukai tanpa ada dorongan dari orang lain. Peran orang tua sangat penting dalam mengembangkan identitas diri anak, oleh karena itu orang tua juga ikut berperan dalam memilih sekolah, Sehingga diperlukan analisis minat peserta didik memilih sekolah di MTS Darul Ulum Semarang.
Permasalahan yang diteliti (1) Minat apa yang menyebabkan peserta didik memilih sekolah di MTs Darul Ulum Semarang (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi peserta didik dalam memilih sekolah di MTs darul Ulum Semarang.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat peserta didik dalam memilih sekolah di MTs Darul Ulum Semarang berasal dari dalam diri sendiri dan dorongan orang lain, dilihat dari lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat yang ikut serta berperan dalam mensukseskan pendidikan yang sejahtera untuk peserta didik. Adapun faktor yang determinan yaitu faktor ekternal karena jenjang pendidikan MTs banyak dorongan dari pihak orang tua, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat; Memilih sekolah; Peserta Didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:34
Last Modified: 31 Jan 2023 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics