Manajemen layanan sirkulasi Perpustakaan UIN Walisongo Semarang

Widyastuti, Laney (2022) Manajemen layanan sirkulasi Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036057_LANEY WIDYASTUTI_LENGKAP] Text (Skripsi_1603036057_LANEY WIDYASTUTI_LENGKAP)
1603036057_LANEY WIDYASTUTI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Laney Widyastuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Layanan sirkulasi saat ini semakin berkembang, jika sirkulasi jaman dahulu menggunakan katalog atau sirkulasi manual saat ini telah berkembang pesat dengan memanfaatkan sistem. Sehingga semakin efektif dan efisien meskipun demikian layanan sirkulasi berbasis sistem juga tidak selamanya berjalan mulus, artinya ganggguan sistem dapat terjadi suatu saat. Penelitian ini bertujuan Untuk memahami bagaimana manajemen layanan sirkulasi Perpustakaan UIN Waliongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian/penelitian ini lebih menekan analisis pada penyimpulan data secara induktif dan deduktif dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan layanan sirkulasi meliputi kegiatan: keanggotaan, peminjaman, pengembalian, pemberian sanksi, penagihan, pemberian bebas pinjam dan statistik dilakukan menggunakan sistem yang berbasis automasi, (2) Pengorganisasian pada layanan sirkulasi terorganisir dengan baik, meskipun petugas pada bagian sirkulasi terbatas maka merekrut petugas voluntir sehingga bisa membantu pustakawan khususnya bagian shelving, sumber daya manusia di perpustakaan Sebagian sudah berlatar belakang Pendidikan Ilmu perpustakaan jika yang tidak berlatar belakang Pendidikan ilmu Perpustakaan maka mengikuti diklat.(3) Pelaksanaan layanan sirkulasi saat ini menggunakan alat dan dilakukan secara mandiri dari semua kegiatan sirkulasi berjalan dengan baik, hal tersebut sangat memberikan pelayanan yang mudah di gunakan bagi pengunjung. (4) Evaluasi Perencanaan layanan semua kegiatan sirkulasi sudah berjalan dengan terkadang kali sistemnya terjadi perbaikan maka dengan hal tersebut perpustakaan tetap ada petugas yang melayani di dalam semua kegiatan sirkulasi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sirkulasi; Perpustakaan UIN Walisongo
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:40
Last Modified: 31 Jan 2023 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics