Strategi pemasaran produk pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas

Rachmawati, Eka Wahyu (2022) Strategi pemasaran produk pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036002_Eka Wahyu Rachmawati_Full] Text (Skripsi_1703036002_Eka Wahyu Rachmawati_Full)
1703036002_Eka Wahyu Rachmawati_Full Skripsi - Eka Wahyu Rachmawati (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pemasaran lembaga pendidikan diperlukan strategi untuk menarik minat pelanggan.Kajian dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan sehingga persaingan dalam pendidikan semakin kompetitif.Meskipun begitu animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MI Ma’arif NU 1 Pageraji tidak semakin surut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi pemasaran produk pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas, dan (2) Bagaimana implikasi dari strategi pemasaran produk pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) strategi pemasaran produk pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MI Ma’arif NU 1 Pageraji menggunakan strategi diferensiasi produk berupa program unggulan Roudhatul Tilawatil Qur’an (RTQ) melalui beberapa tingkatan produk antara lain core benefit, basic product, expected product, augmented product dan potencial product, 2) Implikasi dari strategi pemasaran produk pendidikan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas yaitu adanya ketertarikan masyarakat, perasaan senang dan perhatian masyarakat pada madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk pendidikan; Minat masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:36
Last Modified: 01 Feb 2023 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics