Pengaruh penerapan manajemn kelas terhadap motivasi belajar peserta didik : study kasus MTsN 01 Semarang

Aini, Nurul (2023) Pengaruh penerapan manajemn kelas terhadap motivasi belajar peserta didik : study kasus MTsN 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036070_Nurul Aini_Lengkap] Text (Skripsi_1703036070_Nurul Aini_Lengkap)
1703036070_Nurul Aini_Tugas Akhir Lengkap - Nurul aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan memotivasi dan membimbing (memotivasi dan membimbing siswa) sangat diperlukan bagi inisiatif guru untuk mendorong efektivitas pembelajaran setidaknya satu tingkat di atas level saat ini. Secara sederhana, kelas dapat dipahami sebagai unit kerja terkecil di dalam sekolah yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Ruang kelas yang didalamnya terdapat kelompok siswa yang melakukan kegiatan belajar bersama di bawah bimbingan seorang guru, dikelilingi oleh berbagai situasi. Ada kondisi kelas yang diharapkan dan kondisi kelas yang tidak diharapkan. Kondisi pendidikan yang diharapkan adalah kondisi pendidikan yang mendukung keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Kondisi pendidikan yang tidak terduga, di sisi lain, adalah kondisi pendidikan yang tidak mendukung keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini mengambil fokus pada permasalahan “Seberapa besar pengaruh manajemen kelas untuk meningkatakan motivasi belajar siswa di MTsN 01 Semarang ?”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Hasil penelitian dan pembahasan dari analisis pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 01 Semarang adalah sebagai berikut: Yang selanjutnya adalah pengujialn hipotesis manajemen kelas valrialbel independen adalah valrialbel independen adalah manajemen kelas 0,666 sedangkan t hitung sebesar - 0, 436 dan t tabel 2,0560, nilai hitung 0,666 < t tabel 2,0560 dan sig.0,436 > 0,05 maka H0 ditolak dan H1 di terima . jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas berpengaruh pada motivasi belajar siswa, pembelajaran tetap terarah pada peningkatan mutu belajar dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Meningkatan mutu: Peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:04
Last Modified: 01 Feb 2023 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics