Peran ibu dalam pendidikan akhlak anak usia dini : studi kasus pada ibu-ibu pekerja pabrik di Desa Sukorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

Arif, Ahmad Sholeh (2022) Peran ibu dalam pendidikan akhlak anak usia dini : studi kasus pada ibu-ibu pekerja pabrik di Desa Sukorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016083_Ahmad Sholeh Arif_Lengkap] Text (Skripsi_1503016083_Ahmad Sholeh Arif_Lengkap)
1503016083_Ahmad Sholeh Arif_Lengkap Tugas Akhir - Ahmad Sholeh Arif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ibu sebagai pendidik akhlak kepada anaknya serta upaya apasaja yang dilakukan oleh ibu untuk membina akhlak anaknya, dan faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dialami oleh ibu dalam membina anaknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dari penelitiann ini adalah ibu -ibu pekerja pabrik di Desa Sukorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai hingga mudah untuk dipahami.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Peran ibu terhadap anak yaitu sebagai pendidik, pengawas dan pelindung. Peran ibu dalam pendidikan akhlak anak adalah mengajarkan anak dengan memberikan pemahaman dan pengajaran sehingga anak mempunyai akhlak baik yang tertanam dalam diri anak. Pengaruh pendidkan orang tua bagi perkembangan anak adalah paling besar dibandingkan dengan pengaruh kelompok lainnya dalam masyarakat. Keluarga sebagai suatu bentuk yang menyalurkan akhlak dari generasi kegenerasi. Fungsi perlindungan dalam keluarga adalah untuk menjaga dan memelihara anak dan anggota keluarga dari tindakan negatif yang mungkin akan timbul. Mengasuh anak artinya mendidik dan memelihara anak, mengurusi makan, minum, pakaian, dan keberhasilannya dalam periode pertama sampai dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran ibu; Pendidikan akhlaq; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:25
Last Modified: 06 Feb 2023 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19138

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics