Peran masyarakat dalam pendayagunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora

Laelli, Nuzumul (2022) Peran masyarakat dalam pendayagunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046066_NUZUMUL_LAELLI] Text (SKRIPSI_1801046066_NUZUMUL_LAELLI)
1801046066_Nuzumul Laelli_Tugas Akhir - Nuzumul Laelli.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pendayagunaan dana desa, masyarakat sangat dibutuhkan keterlibatannya dalam setiap proses pelaksanaan program. Program-program pemberdayaan yang tidak tepat sasaran merupakan salah satu akibat dari kurangnya peran masyarakat dalam setiap proses pendayagunaan dana desa. Untuk itu peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam proses pendayagunaan dana desa. Karena tanpa adanya peran serta masyarakat maka pemberdayaan masyarakat tidak akan berjalan dengan maksimal, dan kesejahteraan masyarakat tidak akan tercapai.
Peran masyarakat merupakan proses komunikasi dua arah yang terus menerus untuk meningkatkan pengertian masyarakat secara penuh atas suatu proses dimana masalah-masalah dan kebutuhan lingkungan sedang dianalisis oleh badan yang bertanggung jawab. Penelitian ini fokus pada dua permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana Peran Masyarakat Dalam Pendayagunaan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora, (2) Bagaimana hasil Peran Masyarakat Dalam Pendayagunaan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran masyarakat dalam pendayagunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora dan untuk mengetahui hasil peran masyarakat dalam pendayagunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dua hal sebagai berikut: pertama, bentuk peran masyarakat dalam pendayagunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora yaitu; (1) Memberikan usulan pada kegiatan perencanaan penganggaran dana desa, (2) Berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program, (3) Membangun kesadaran bersama akan pentingnya suatu program. Kedua, peran masyarakat dalam pendayagunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora menghasilkan beberapa hal yakni; (1) Terbukanya demokratisasi di tingkat desa, (2) Terungkapnya program-program pemberdayaan yang penting dan tidak pernah terfikirkan, (3) Masyarakat lebih aktif, (4) Terwujudnya sinergitas antara masyarakat dengan Pemerintah Desa Jati, (5) Menciptakan Kepercayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Masyarakat, Pendayagunaan Dana Desa dan Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:32
Last Modified: 16 Feb 2023 09:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics