Pemberdayaan kemandirian ekonomi komunitas punk melalui budidaya maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal

Silvyanti, Putri (2022) Pemberdayaan kemandirian ekonomi komunitas punk melalui budidaya maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046068_PUTRI_SILVYANTI] Text (SKRIPSI_1801046068_PUTRI_SILVYANTI)
1801046068_Putri Silvyanti_Skripsi Full - Putri Silvyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan Kemandirian Ekonomi Komunitas Punk merupakan suatu kegiatan yang melibatkan masyarakat khususnya anak punk dalam pemberdayaan ekonomi agar terciptanya kondisi anak punk yang mandiri dan berdaya. Budidaya maggot berawal dari hanya sebatas untuk mengurangi dan menghilangkan kotoran ayam tersebut, ternyata larva maggot dapat menjadi pakan ternak ayam yang utama yaitu berfungsi sebagai tambahan nutrisi ptotein. Analisa sederhana yang dilakukan oleh bapak Afif menghasilkan bahwasanya dengan pakan tambahan maggot untuk ayam kampung dapat mengurangi biaya pakan pabrikan hingga mencapai 50%.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana proses pemberdayaan kemandirian ekonomi komunitas punk melalui budidaya maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal? dan apa hasil pemerdayaan kemandirian kkonomi komunitas punk melalui budidaya maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pemberdayaan kemandirian ekonomi komunitas punk melalui budidya maggot yang berada di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Untuk mengetahui hasil pemberdayaan kemandirian ekonomi komunitas punk melalui budidaya maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.
Jenis penelelitian ini adalah kualitatif yaitu dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan : Pertama, proses Pemberdayaan Kemandirian Ekonomi Komunitas Punk Melalui Budidaya Maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal melalui beberapa tahapan, yaitu : (1) Sosialisasi (2) Pelatihan dan Pelaksanaan (3) Implementasi (4) Evaluasi. Kedua, proses Pemberdayaan Kemandirian Ekonomi Komunitas Punk Melalui Budidaya Maggot di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal menghasilkan beberapa hal yaitu : (1) Meningkatkan Pendapatan Anak Punk di Sylva Farm (2) Mensejahterakan Anak Punk (3) Menambah Pengetahuan Tentang Budidaya Maggot (4) Terciptanya Kemandirian Masyarakat Khususnya Anak Punk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kemandirian Ekonomi; Komunitas Punk; Budidaya Maggot; Pelatihan dan Pelaksana
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 13 Feb 2023 10:59
Last Modified: 13 Feb 2023 10:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics