Pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margadjati di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal

Febiani, Filia (2022) Pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margadjati di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046069_FILIA_FEBIANI] Text (SKRIPSI_1801046069_FILIA_FEBIANI)
1801046069_Filia Febiani_ Tugas Akhir Lengkap - Filia Febiani12.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Kemandirian Ekonomi Masyarakat merupakan suatu kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam pembangunan dan pengembangan ekonomi agar tercipta kondisi masyarakat yang mandiri. E-Warong KUBE PKH merupakan program dari pemerintah dalam bentuk usaha pengembangan warung yang terbukti mampu membangun kemandirian ekonomi masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini : (1) Bagaimana proses pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margdjati di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, (2) Bagaimana hasil pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margadjati di Desa margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margadjati di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal dan melihat hasil dari program E-Warong KUBE PKH Margadjati dalam pengembangan kemandirian masyarakat di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan: Pertama, proses pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margadjati di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal melalui beberapa tahapan, yakni : (1) Pendataan Anggota (2) Sosialisasi (3) Implementasi (4) Evaluasi. Kedua, proses pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat melalui E-Warong KUBE PKH Margadjati di Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal menghasilkan beberapa hal yaitu:(1)meningkatkan pendapatan ekonomi anggota (2) Mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat(3)terbentuknya jiwa wirausaha(4)terciptanya kemandirian Ekonomi(5)Terciptanya sikap pemberani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Masyarakat; Kemandirian Ekonomi; E-Warong KUBE PKH
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:28
Last Modified: 16 Feb 2023 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics