Pemberdayaan petani dalam mengatasi gagal panen melalui penangkaran Tyto Alba di Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati

Prasasti, Dian Ayu (2022) Pemberdayaan petani dalam mengatasi gagal panen melalui penangkaran Tyto Alba di Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046070_DIAN_AYU_PRASASTI] Text (SKRIPSI_1801046070_DIAN_AYU_PRASASTI)
1801046070_Dian_Ayu_Prasasti_Lengkap_Tugas_Akhir - Dian Ayu Prasasti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati merupakan salah satu desa yang mengalami gagal panen yang disebabkan oleh beberapa sebab salah satunya yaitu faktor hama tikus. Pada tahun 2012 di Desa Babalan mengalami gagal panen yang sangat parah, kurang lebih mencapai 70% kegagalan. Oleh karena itu para petani dan perangkat Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati memikirkan cara bagaimana agar tingkat kegagalan panen ini bisa menurun. Kemudian para petani dan perangkat desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati melihat di Tlogoweru para petaninya berhasil menangani gagal panen akibat tikus dengan Tyto Alba, sehingga para petani di desa Babalan Kcamatan Gabus Kabupaten Pati melakukan inisiatif dengan studi kasus di Tlogoweru.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rumusan Masalah penelitian ini: (1) Bagaimana proses pemberdayaan petani dalam mengatasi gagal panen melalui Penangkaran Tyto Alba di Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, (2) Bagaimana hasil yang diperoleh petani setelah ada kegiatan pemberdayaan petani dalam mengatasi gagal panen melalui Penangkaran Tyto Alba di Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayakan petani di desa Babalan dalam mengatasi gagal panen yang disebabkan hama tikus melalui program rumah burung hantu (Tyto Alba). Untuk mengetahui hasil yang diperoleh para petani dalam mengatasi gagal panen yang disebabkan hama tikus melalui rumah burung hantu (Tyto Alba) apakah efisien, tepat dan bermanfaat atau malah sebaliknya.
Hasil penelitian ini yaitu ada keberhasilan dari pemberdayaan petani dalam mengatasi gagal panen melalui penangkaran Tyto Alba di desa Babalan kecamatan Gabus kabupaten Pati sudah tidak mengalami gagal panen lagi. Dari segi ekonomi masyarakat di Desa Babalan meningkat. Segi sosial yaitu terciptanya rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar petani. Segi lingkungan yaitu lingkungan alam sekitar jadi lebih terjaga karena kesadaran dari petani. Dan dari segi kapasitas petani jadi lebih memahami lagi ilmu pertanian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Petani; mengatasi Gagal Panen; Penangkaran Tyto Alba
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 631 Techniques, equipment, materials
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 633 Field and plantation crops
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:35
Last Modified: 16 Feb 2023 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19146

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics