Peran tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pengembangan keterampilan ibu-ibu rumah tangga di Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara

Nudia Rizka, Aktsari (2022) Peran tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pengembangan keterampilan ibu-ibu rumah tangga di Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046075_NUDIA_RIZKA_AKTSARI] Text (SKRIPSI_1801046075_NUDIA_RIZKA_AKTSARI)
1801046075_Nudia Rizka A_Lengkap Tugas Akhir - Nudia Rizka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pemberdayaan perempuan merupakan upaya yang dilakukan oleh PKK untuk meningkatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki, agar menjadi mandiri dan mempunyai keterampilan dalam bidang mereka masing-masing sehingga secara mandiri dapat meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan kualitas hidup. Progam PKK Desa Tengguli dalam pemberdayaannya diberikan kepada ibu rumah tangga dengan cara mengembangkan keterampilan-keterampilan, memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup baik dibidang sandang, pangan, dan juga prakteknya.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Tim Penggerak PKK dalam mengembangkan keterampilan ibu rumah tangga Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. (2) Apa kelebihan dan kekurangan PKK dalam mengembangkan keterampilan ibu rumah tangga di Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis. Tehnik pengumpulan data melalui; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; peran Tim Penggerak PKK dalam pengembangan keterampilan ibu-ibu rumah tangga yang dilaksanakan di Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara yakni: 1) Melakukan sosialisasi. 2) Pelatihan keterampilan pendidik. 3) Keterampilan memberikan memberikan fasilitas penunjang usaha. Adapun kelebihan dan kekurangan Tim Penggerak PKK dalam mengembangkan keterampilan ibu-ibu rumah tangga di Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara meliputi: 1) Organisasi kemasyarakatan. 2) Partisipasi masyarakat. 3) Keikhlasan kader-kader PKK. 4) Minimnya SDM yang ada. 5) Kurangnya dana. 6) Kurangnya kepedulian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran PKK; Pengembangan Keterampilan; Ibu-ibu rumah tangga
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:18
Last Modified: 16 Feb 2023 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19147

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics