Pemberdayaan masyarakat melalui program kampung literasi di rumah baca ceria : Studi pada Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal

Husain, M. Aziz (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui program kampung literasi di rumah baca ceria : Studi pada Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046077_M_AZIZ_HUSAIN] Text (SKRIPSI_1801046077_M_AZIZ_HUSAIN)
1801046077_M Aziz Husain_Lengkap Tugas Akhir - M. Aziz Husain UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat merupakan sebuah upaya dalam menjadikan masyarakat menjadi lebih berdaya atau memiliki keberdayaan/ kekuatan. Kampung Literasi Rumah Baca Ceria merupakan sebuah taman bacaan yang bergerak pada pendidikan non formal dan sosial kemasyarakatan dengan tujuan meningkatkan minat baca masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kampung Literasi di Rumah Baca Ceria mengharapkan keterlibatan masyarakat guna mewujudkan kesadaran dan peningkatan kualitas masyarakat yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Proses Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Literasi Rumah Baca Ceria di Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal; (2) Bagaimana Hasil Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Literasi Rumah Baca Ceria di Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Literasi Rumah Baca Ceria di Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal dan mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Literasi Rumah Baca Ceria di Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Proses pemberdayaan masyarakat melalui program Kampung Literasi Rumah Baca Ceria, ialah : (1) Persiapan (Engagement); (2) Pengkajian (Assesment); (3) Perencanaan (Planning); (4) Menyusun rencana aksi; (5) Implementasi; (6) Evaluasi. Kedua, Hasil pemberdayaan masyaraat melalui program Kampung Literasi Rumah Baca Ceria, ialah : (1) Tumbuhnya kesadaran masyarakat Desa Pagersari yang peduli terhadap pendidikan; (2) Tumbuhnya nilai masyarakat dalam membangun budaya literasi; (3) Terbentuknya masyarakat yang kreatif dan memahami tentang cara berwirausaha; (4) Kerjasama dengan berbagai dinas atau lembaga tertentu untuk berlangsungnya program kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kampung Literasi; Rumah Baca ceria
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:52
Last Modified: 16 Feb 2023 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19149

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics