Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse Reduce Recycle) Sokaku Asri di Dusun Soka Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Al Syarif, Rifaldo Wulung (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse Reduce Recycle) Sokaku Asri di Dusun Soka Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046090_RIFALDO_WULUNG_AL_SYARIF] Text (SKRIPSI_1801046090_RIFALDO_WULUNG_AL_SYARIF)
1801046090_Rifaldo Wulung Al Syarif_Lengkap Tugas Akhir - Rifaldo Walsya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan pada masyarakat agar berinisiatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berbentuk sosial untuk memperbaiki situasi diri sendiri maupun kelompok. TPS3R Sokaku Asri menjadikan masyarakat Dusun Soka lebih baik dalam mengelola lingkungan dan mengolah sampah menjadi budidaya maggot, sesuai dengan arti pemberdayaan. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R Sokaku Asri di Dusun Soko Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R Sokaku Asri di Dusun Soko Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R Sokaku Asri di Dusun Soko Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R Sokaku Asri di Dusun Soko Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan atau field research. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan dua hal sebagai berikut: pertama, proses pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R Sokaku Asri di Dusun Soko Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yakni; (1) Persiapan, (2) Pengkajian, (3) Perencanaan, (4) Menyusun Rencana Aksi, (5) Implementasi Kegiatan, (6) Evaluasi. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya maggot oleh TPS3R Sokaku Asri di Dusun Soko Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yakni; (1) Segi Lingkungan, (2) Segi Pendidikan, (3) Segi Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse Reduce Recycle); Budidaya Maggot.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 631 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:42
Last Modified: 16 Feb 2023 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19150

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics