Implementasi metode jibril dalam mengembangakan pembelajaran Al-Qur’an di MI Miftahul Huda Sidoarjo

Akhadiyah, Nur Laili (2023) Implementasi metode jibril dalam mengembangakan pembelajaran Al-Qur’an di MI Miftahul Huda Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016149_NUR LAILI AKHADIYAH_Lengkap] Text (Skripsi_1603016149_NUR LAILI AKHADIYAH_Lengkap)
1603016149_NUR LAILI AKHADIYAH_Full Skripsi - e l.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Jibril dalam mengembangkan pembelajaran al-Qur’an di MI Miftahul Huda Sidoarjo dengan maksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Implementasi metode Jibril di MI Miftahul Huda Sidoarjo? (2) Apa saja kelebihan dan kekurangan metode Jibril di MI Miftahul Huda Sidoarjo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research)yang bersifat deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam melihat keabsahan data peneliti menggunakan cara triangulasi dan untuk analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa:Pertama, implementasi metode Jibril di MI Miftahul Huda merupakan metode klasik dalam belajar dan menghafalkan al-Qur’an yang dipelajari dengan menirukan dan membacakan (talqin-taqlid) yang terdiri dari beberapa tahapan meliputi tahapan persiapan dengan pembuatan modul ajar, tahapan proses pembelajaran dengan model pembiasaan dengan menggunakan materi dan media pembelajarran yang sudah ditentukan, serta tahap evaluasi dengan ujian kenaikan jilid atau kenaikan tingkat untuk mengetes sejauh mana pemahaman dan hafalan peserta didik tentang pembelajaran al-Qur’an. Kedua, kelebihan metode jibril yaitu lebih praktis di gunakan disetiap tempat, mudah dipahami dan lebih cenderung tidak memerlukan banyak teori dalam pelaksanaannya, sedangkan kekurangannya meliputi adanya sumber daya guru yang tidak sebanding dengan murid, jika tidak dibarengi dengan pendekatan dan penguasaan metode pembelajaran yang baik akan cenderung monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: MI Miftahul Huda; Pembelajaran Al-Qur’an; Metode jibril
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:51
Last Modified: 13 Feb 2023 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19157

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics