Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 10 Semarang

Mubarok, Akhmad Zidny (2022) Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 10 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016190_akhmad zidny mubarok_Lengkap] Text (Skripsi_1603016190_akhmad zidny mubarok_Lengkap)
1603016190_akhmad zidny mubarok_TUGAS AKHIR - Zidny Channel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Belajar Al-Qur’an merupakan suatu keharusan. Dalam konteks belajar Al-Qur’an tentu saja tidak dibatasi usia, akan tetapi memberikan pengajaran Al-Qur’an sejak usia dini tentu menjadi hal yang sangat utama dalam pengembangan kemampuan membaca, menulis dan menghafal.
Adapun penelitian ini ternasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru PAI. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Siswa/I SMP N 10 Semarang. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Model ini ada 4 komponen analisis yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Secara keseluruhan siswa kelas VII dan VIII SMP N 10 Semarang bisa dikatakan cukup mampu mebaca Al-Qur’an. Namun ada siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dalam tingkatan renadah 15%, dan tingkatan sedang 30%, dan yang mampu membaca Al-Qur’an 55%. (2) Metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa adalah metode Iqra’, metode ceramah, sorogan dan drill atau latihan siap. (3) Faktor pendukung yaitu: 1) Faktor yang mendukung adalah faktor orang tua yang mendidik anaknya untuk mengaji di rumah atau di TPA, 2) walikelas yang membantu dalam mendidik dan membimbing membaca Al-Qur’an, 3) serta perhatian dan minat siswa dalam mempelajari membaca Al-Qur’an. Faktor penghambat yaitu : 1) Dari segi siswa itu sendiri, beragamnya kemampuan dan kemauan siswa. 2) Walikelas yang memiliki pekerjaan lebih dan kurang perhatian terhadap siswa. 3) Latar belakang keluarga yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Kemampuan membaca Al-Qur’an; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:02
Last Modified: 13 Feb 2023 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics