Metode dakwah KH. Bisri Mustafa

Munir, Samsul (2022) Metode dakwah KH. Bisri Mustafa. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Disertasi_1400039079_Samsul_Munir] Text (Disertasi_1400039079_Samsul_Munir)
Disertasi_1400039079_Samsul_Munir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

KH. Bisri Musthofa (1915-1977 M) adalah salah seorang tokoh dakwah dari Rembang yang memiliki kelebihan dalam aktivitas dakwahnya. Dalam praktek dakwahnya beliau menggunakan berbagai macam metode untuk kepentingan dakwah, seperti metode dakwah bil-lisan (ceramah), metode dakwah bilqalam (tulisan) dengan menulis buku-buku atau kitab-kitab, dan metode dakwah bil-hal (dengan amal nyata). Termasuk dengan menggunakan metode dakwah bimbingan konseling, metode dakwah melalui organisasi, bahkan metode pemberdayaan ekonomi dan metode dakwah politik.
Karyanya yang fenomenal adalah Tafsir Al-Ibriz li Ma’rifati Tafsir Al-Quran al-‘Aziz, tafsir dalam Bahasa Jawa yang mula-mula ditulis dengan menggunakan huruf Arab dengan Bahasa Jawa yang dikenal dengan huruf Arab Pegon. Demikian pula karya-karya lain dalam Bahasa Jawa.
Adapun tujuan disertasi ini untuk mendiskripsikan metode dakwah yang dilakukan oleh KH. Bisri Mustofa dalam aktivitas dakwahnya, dan bagaimana implementasnya dalam dakwah di era sekarang?. Metode Penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan mendasarkan pada metode library research dan juga field research.
Dalam disertasi ini ditemukan bahwa KH. Bisri Musthofa menggunakan Multi-Metode Dakwah, yaitu menggunakan berbagai macam metode untuk aktifitas dakwahnya.

ABSTRACT:
KH. Bisri Musthofa was a public figure in preaching, coming from Rembang, which had strength in his preaching activity. He was a da’i (Muslim preacher) that in his preaching activity applied many methods, such as bil-lisan preaching (speaking), bilqalam preaching (writing) by writing books or manuscripts, bil-hal method (real action), counseling guidance, preaching method using organization or institution, economic method, and the method using politic.
KH Bisri Musthofa's well-known masterpiece was Tafsir Al- Ibriz Li Ma’rifati Tafsir Al-Qur’an al-Aziz, it was a book in the Javanese language that in the beginning it was written using the Arabic alphabet in the Javanese language that was known by Alphabet Arabic pegon. Likewise, the others masterpiece was written ini Javanese language.
Besides, the aim of the dissertation was to discuss many KH. Bisri Musthofa preaching approaches in his activity and how the implementation in this recent era. Research method based on library research and field research.
In this dissertation, it was found that kh. Bisri Musthofa used multi-method preaching which was using many methods in his preaching activity.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; KH. Bisri Mustafa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:17
Last Modified: 13 Feb 2023 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics