Implementasi pendidikan adil gender di SD Islam Hasanuddin 4 Kecamatan Genuk Kota Semarang

Iftahani, Iftahfia Nur (2022) Implementasi pendidikan adil gender di SD Islam Hasanuddin 4 Kecamatan Genuk Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016109_Iftahfia Nur Iftahani_Lengkap] Text (Skripsi_1703016109_Iftahfia Nur Iftahani_Lengkap)
IFTAHFIA NUR IFTAHANI_1703016109_FULL SKRIPSI - Iftahfia Iftahani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya ketimpangan gender di masyarakat merupakan estafet dari generasi satu ke generasi melalui proses pendidikan yang tidak berbasis pada keadilan gender. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan konsep keadilan gender dalam pendidikan Islam dan menganalisa implementasi konsep keadilan gender dalam pendidikan Islam di SD Islam Hasanudin 04 Genuk Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dari analisa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitiam ini adalah kurikulum, kepala sekolah, dan guru di SD Islam Hasanuddin 4.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan adil gender yang diterapkan oleh civitas akademik sekolah. Melalui pendidikan di sekolah dasar transformasi kebiasaan yang cenderung diskriminatif kepada salah satu jenis kelamin menjadi lebih adil dan setara. Diketahui bahwa Penampakannya menyangkut program sekolah yang adil gender, pola proses pembelajaran yang mengedepankan keadilan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang tidak luput dari pembiasaan pendidikan yang berkeadilan gender. Dalam hal tersebut kurikulum yang diterapkan sekolah berperan sangat penting dalam implementasi pendidikan adil gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan; Adil; Gender
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:02
Last Modified: 14 Feb 2023 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19172

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics