Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Simth al-Durar karya Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi

Khumaidi, Ahmad (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Simth al-Durar karya Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016010_AHMAD KHUMAIDI_Lengkap] Text (Skripsi_1803016010_AHMAD KHUMAIDI_Lengkap)
1803016010_AHMAD KHUMAIDI_Full Skripsi - Afthon F. Hasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam merupakan segala hal yang mengandung unsur positif yang berguna bagi manusia berupa aturan dan norma yang ada pada pendidikan Islam diantaranya meliputi akhlak, akidah dan ibadah. Kitab Simth al-Durar adalah karya yang berisi tentang biografi Nabi Muhammad SAW yang dikarang oleh Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kitab Simth al-Durar karya Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari primer yaitu berupa Kitab Simth al-Durar Karya Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi dan sekunder berupa buku yang relevan, jurnal, artikel, serta hasil penelitian sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis).
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam kitab Simth al-Durar meliput nilai akidah yaitu percaya atas kehendak dan iradahnya Allah, percaya adanya sifat dan mukjizat Rasul, nilai syariah atau Ibadah meliputi perintah untuk bertakwa, berpegang teguh dengan Al-Qur’an , menjalankan syari’at Nabi Muhammad. Pada aspek ibadah mahdhah, yaitu mengenai salat. Ibadah ghairu mahdhah yaitu ajaran untuk membaca shalawat dan salam, menolong sesama, dan berdakwah, menyampaikan Ilmu., dan nilai akhlak yaitu meliputi akhlak kepada Allah SWT dan akhlak kepada Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Simth al-Durar; Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:55
Last Modified: 14 Feb 2023 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics