Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara

Afiyah, Asihatul (2022) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016111_Asihatul Afiyah_Lengkap] Text (Skripsi_1803016111_Asihatul Afiyah_Lengkap)
1803016111_Asihatul Afiyah_Lengkap Tugas Akhir - rumaysa biya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kebijakan merdeka belajar merupakan suatu terobosan dalam bidang pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki profil pelajar pancasila. Kajian ini terfokus pada sekolah yang menerapkan salah satu kebijakan merdeka belajar yakni penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan saat ini RPP telah digantikan dengan modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana kesesuaian perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara dengan standar yang ditetapkan, 2) bagaimana kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara, dan 3) bagaimana implikasi modul ajar merdeka belajar terhadap perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Walisongo Pecangaan Jepara.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMA Walisongo Pecangaan Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAIBP, dan Peserta didik kelas X. Adapun Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan pembelajaran PAIBP berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Ditandai dengan kelengkapan komponen yang terdapat dalam modul ajar yang dipersiapkan guru PAIBP. Pelaksanaan pembelajaran PAIBP berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara sudah sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun oleh guru PAIBP. Pelaksanaan pembelajarannya meliputi kegiatan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dengan demikian, proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis modul ajar merdeka belajar di SMA Walisongo Pecangaan Jepara sudah sesuai dengan panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Implikasi dari modul ajar merdeka belajar terhadap perencanaan pembelajaran PAIBP di SMA Walisongo Pecangaan Jepara yaitu memudahkan guru dalam penyusunan rencana pembelajaran, dan guru diberikan kebebasan berekspresi dan berinovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran pendidikan Agama Islam; Budi pekerti; Modul ajar; Merdeka belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:51
Last Modified: 16 Feb 2023 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics