Tinjauan hukum islam terhadap praktik pembagian harta warisan perempuan mendapat bagian lebih banyak : studi kasus di wilayah Kelurahan Kebondalem Kec/Kab Kendal

Raharjo, Muhammad Teguh Slamet (2022) Tinjauan hukum islam terhadap praktik pembagian harta warisan perempuan mendapat bagian lebih banyak : studi kasus di wilayah Kelurahan Kebondalem Kec/Kab Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602016053_Muhammad_Teguh_Slamet_Raharjo] Text (SKRIPSI_1602016053_Muhammad_Teguh_Slamet_Raharjo)
1602016053_MUHAMMADTEGUHSR_SKRIPSI FULL - Teguh SR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sistem hukum waris di Indonesia terbagi menjadi tiga sistem yaitu sistem hukum waris barat, sistem hukum waris Islam dan hukum waris adat. Pembagian waris di Indonesia itu lebih umumnya 2:1 antara ahli waris laki-laki dan perempuan, akan tetapi di Masyarakat Kelurahan Kebondalem menggunakan pembagian begitu unik yaitu anak perempuan mendapat bagian lebih banyak daripada anak laki- laki. Hal ini terjadi karena ahli waris perempuan menganggap pembagian waris 2:1 kurang adil.
Rumusan Masalah ini yang pertama Bagaimana praktek pembagian warisan di Kelurahan Kebondalem Kec/Kab Kendal ?, Kedua Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap pembagian harta warisan di Kelurahan Kebondalem Kec/Kab Kendal ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa faktor penyebab pembagian waris perempuan mendapat bagian lebih banyak daripada laki-laki, dan mengkaji lebih lanjut tentang cara pembagian hartanya.
Penulisan ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), jenis penelitian empiris. Peneltian lebih menekankan pada data lapangan sebagai objek yang diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama praktek pembagian waris dikelurahan kebondalem menggunakan sistem perempuan lebih banyak, Yang kedua dalam pembagian waris sudah terbiasa menggunakan adat (urf). pembagian dengan cara tersebut merupakan keputusan atau kesepakatan yang baik karena mendatangkan kemaslahatan serta menghindarkan dari perselisihan antara ahli waris dan hal tersebut diperbolehkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al Quran; hukum waris; ahli waris
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:11
Last Modified: 16 Feb 2023 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics