Analisis komparatif buku Al-Fahmu dengan buku Amṡilatī : tinjauan materi dan metode pembelajaran

Zulva, Dina Arvi Arina (2022) Analisis komparatif buku Al-Fahmu dengan buku Amṡilatī : tinjauan materi dan metode pembelajaran. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2000018019_Dina_Arvi_Arina_Zulva] Text (Tesis_2000018019_Dina_Arvi_Arina_Zulva)
Tesis_2000018019_Dina_Arvi_Arina_Zulva.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Setiap penulisan buku teks atau buku ajar terdapat pedoman tertentu. Pedoman tersebut mengacu pada prosedur penulisan dan isi yang terkandung dalam tulisannya. Para penulis maupun akademisi diharapkan sangat memperhatikan hal itu agar mampu menulis dan menganalisa kualitas buku ajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa buku al-fahmu dan buku amṡilatī dari segi materi dan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data, penulis menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil analisis menunjukkan bahwa buku al-fahmu dan amṡilatī belum memenuhi konsep seleksi karena belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat kemampuan pembelajar dan lama waktu program pembelajaran. Buku al-fahmu menggunakan penyusunan materi secara logis dengan mendahulukan kaidah-kaidah yang sederhana, akan tetapi penulis buku al-fahmu gagal dalam segi pengelompokan materi. Sedangkan pada buku amṡilatī, materi disusun secara psikologis, akan tetapi penulis buku amṡilatī berhasil dalam mengelompokkan materi serumpun. Dari aspek repetisi, buku al-fahmu terdapat beberapa pengulangan materi pendalaman, akan tetapi belum terdapat latihan pengayaan untuk penajaman. Sedangkan buku amṡilatī terdapat pengulangan materi dan latihan pengayaan sebagai penajaman materi. Adapun metode pembelajaran naḥwu yang digunakan kedua buku tersebut sama-sama menggunakan metode deduktif, meskipun keduanya terdapat perbedaan strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkannya.

ABSTRACT:
Every writing textbook or textbook has certain guidelines. The guidelines refer to the writing procedure and the content contained in the writing. The writers and academics are expected to pay close attention to this matter in order to be able to write and analyze the quality of the textbook. This study aims to analyze the al-fahmu book and the amṡilatī book in terms of material presentation and syntactic methods. This study uses a qualitative approach with the type of library research (Library Research). Data was collected by means of documentation studies and interviews. As for data analysis, the author uses content analysis.
The results of the analysis show that the al-fahmu and amṡilatī books have not met the concept of selection because they are not in accordance with the learning objectives, the level of the learner's ability and the length of time for the learning program. Al-Fahmu's book uses a logical arrangement of material by prioritizing simple rules, but the author of Al-Fahmu's book fails in terms of grouping the material. While in the amilat book, the material is arranged psychologically, but the writer of the amilat book is successful in grouping cognate material. From the aspect of repetition, al-fahmu's book contains several repetitions of deepening material, but there is no enrichment exercise for sharpening. While the amṡilatī book contains material repetition and enrichment exercises as material sharpening. The naḥwu learning methods used by the two books both use the deductive method, although there are differences in the learning strategies used in teaching them.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Buku ajar; Al-Fahmu; Amṡilatī
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:18
Last Modified: 17 Feb 2023 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics