Pola pendidikan pesantren sufistik K.H. Muslih Mranggen Demak

Noor, Abdul Hamid (2021) Pola pendidikan pesantren sufistik K.H. Muslih Mranggen Demak. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Disertasi_1700029023_Abdul_Hamid_Noor] Text (Disertasi_1700029023_Abdul_Hamid_Noor)
Disertasi_1700029023_Abdul_Hamid_Noor.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Disertasi dengan judul ‘Pola Pendidikan Pesantren Sufistik K.H. Muslih Mranggen Demak dengan jenis penelitian kualitatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah untuk menelaah pemikiran KH Muslih Mranggen Demak dalam mengelola pendidikan pesantren sufistik Futuhiyah Mranggen Demak. Pertanyaan akademik yang diajukan: Mengapa K.H. Muslih Mranggen Demak memilih pola pendidikan pesantren sufistik?;Bagaimanakah signifikansi pola Pendidikan pesantren Sufistik K.H. Muslih Mranggen Demak pada lembaga pendidikan pesantren? dan apa relevansi pola pendidikan pesantren sufistik K.H. Muslih Mranggen Demak terhadap masyarakat?
Hasil penelitian ini adalah pertama, K.H. Muslih Mranggen Demak mengajarkan ajaran sufistik karena ia merupakan salah satu penerus pondok pesantren ayahnya yang meninggal dunia dan sekaligus ia menerima ijazah tarekat Qodiyah Naqsyandiyah dari Syaikh ‘Abdul Latif dan Syaikh Ibrahim Brumbung Mranggen Demak supaya mengajarkan tarekat..
Kedua K.H. Muslih memiliki keunikan yang membedakan dengan tokoh-tokoh lainnya. Beliau mempunyai pola pendidikan melalui pengajaran tarekat Qodiriyah Naqsyabandiiyah seseorang akan memperoleh nilai-niai pendidikan sosial seperti hablun minallah dan hablun minannas. Pola Pendidikan pesantren sufistik ini di dalam pondok pesantren yang beliau kelola sendiri menjadi sarana mendidik masyarakat dalam upaya membentengi krisis moral dengan cara mengajarkan ajaran tarekat melalui dzikir nafyu al-isbath, dzikir ismu ad-dzat dan muroqobah.
Ketiga ajaran Tarekat yang diajarkan oleh K.H. Muslih Mranggen Demak dalam konteks kehidupan zaman sekarang masih relevan, agar manusia tidak lupa diri karena aktivits manusia senantiasa dalam pentauan dan pengawasan Allah swt. Bukti riilnya beliau mempunyai beribu-ribu jama’ah dibelahan nusantara khususnya dan menyebar bahkan sampai di benua Asia.

ABSTRACT:
The dissertation with the title 'Patterns of Education of Sufistic Islamic Boarding Schools K.H. Muslih Mranggen Demak' with the type of qualitative research.
The method used in this research is a historical method to examine the thoughts of KH Muslih Mranggen in managing the education of the Sufistic Islamic boarding school Futuhiyah Mranggen. Academic question put foward; Why did K.H. Muslih Mranggen chose a sufistic pesantren education pattern?; What is the significance of the though pattern of the Sufistic pesantren K.H. Muslih Mranggen in Islamic boarding schools? and what is the relevance of K.H. Muslih Mranggen towards society?
The results of these studies are the first, K.H. Muslih Mranggen taught sufistic teachings because he was one of the successors to his father's boarding school who died and at the same time he received a diploma from the Qodiyah Naqsyandiyah tarekat from Sheikh 'Abdul Latif and Sheikh Ibrahim Brumbung Mranggen Demak in order to teach the tarekat.
The second, K.H. Muslih has a uniqueness that distinguishes him from other figures. He had the idea that through teaching the Qodiriyah Naqsyabandiiyah order someone would get the values of social education such as hablun minallah and hablun minannas. The pattern of Sufistic boarding school education in the Islamic boarding school which he manages himself is a means of educating the community in an effort to fortify the moral crisis by teaching tarekat teachings through dhikr nafyu al-isbath, dhikr ismu ad-dzat and muroqobah.
The third, teachings of the Tarekat taught by K.H. Muslih Mranggen in the context of today's life is still relevant, so that humans do not forget themselves because human activities are always under the supervision and supervision of Allah swt. The real evidence is that he has thousands of congregations in the archipelago in particular and spreads even to the Asian continent.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Pola pendidikan pesantren; Sufistik; K.H. Muslih Mranggen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Feb 2023 10:13
Last Modified: 20 Feb 2023 10:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics