Implementasi program infaq jum’at dalam membentuk karakter kedermawanan siswa kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Pakuncen Pegandon Kendal

Roqy, Muhamad (2022) Implementasi program infaq jum’at dalam membentuk karakter kedermawanan siswa kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Pakuncen Pegandon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016163_Muhamad Roqy_Lengkap] Text (Skripsi_1803016163_Muhamad Roqy_Lengkap)
1803016163_MUHAMAD ROQY_LENGKAP TUGAS AKHIR - MH Bisnis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan program kegiatan infaq Jum’at dalam membentuk karakter kedermawanan siswa kelas III di SDN Pakuncen, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mencetak manusia yang berakhlak mulia SDN Pakuncen berusaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu dengan membuat sebuah program infaq Jum’at untuk membentuk karakter kedermawanan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan, pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program infaq Jum’at yang dilaksanakan di SDN Pakuncen sudah berjalan sekitar 7 tahun yaitu sejak tahun 2015, media yang digunakan dalam program infaq Jum’at berupa toples amal, guru PAI merupakan penanggung jawab sekaligus pelaksana program infaq Jum’at, dalam proses penghimpunan program infaq Jum’at untuk kelas 1 sampai kelas 3 sebelum penarikan dana dilakukan terlebih dahulu diberikan nasihat, sedangkan untuk kelas 4 sampai kelas 6 cukup diawasi oleh guru PAI, program infaq Jum’at tidak mematok minimal dana untuk siswa melainkan seikhlas siswa.
Pendistribusian dana infaq Jum’at digunakan untuk kepentingan siswa dan sekolah, seperti jika ada siswa sakit, siswa yang berkhitan, bencana alam, takziyah, santunan yatim, serta kepentingan sekolah yang lain. Kegiatan infaq Jum’at dalam membentuk karakter kedermawanan menggunakan 2 metode yaitu metode nasihat dan pembiasaan, metode nasihat digunakan untuk merangsang siswa untuk berinfaq sedangkan pembiasaan digunakan supaya siswa terbiasa untuk berinfaq, kedua metode tersebut efektif digunakan karena karakter kedermawanan siswa sudah mulai tumbuh indikasinya yaitu siswa saling membantu satu sama lain serta mudah untuk memberikan iuran dan hampir 80% siswa mengikuti program infaq Jum’at.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Kedermawanan; Infaq jum’at
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Feb 2023 10:00
Last Modified: 24 Feb 2023 10:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19241

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics