Hubungan pola makan dan stres dengan gejala gastritis pada remaja di MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman

Rodliya, Hanna Fatchi (2022) Hubungan pola makan dan stres dengan gejala gastritis pada remaja di MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707026064_Hanna_Fatchi_Rodliya] Text (Skripsi_1707026064_Hanna_Fatchi_Rodliya)
Skripsi_1707026064_Hanna_Fatchi_Rodliya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Usia remaja merupakan usia produktif yang dapat mengalami perubahan gaya hidup yang kurang mempehatikan kesehatan sehingga rentan terkena gejala gastritis. Faktor penyebab gastritis yang umum ditemukan di antaranya adalah pola makan yang tidak tepat, seperti frekuensi atau waktu makan yang tidak tepat, makan berlebihan dan cepat, atau mengkonsumsi makanan yang merangsang (terlalu berbumbu dan pedas). Penyakit gastritis dapat dengan mudah menyerang individu yang memiliki pola makan kurang teratur. Stres berpengaruh pada perubahan fungsi fisiologis dalam sistem tubuh, salah satunya adalah sistem pencernaan. Stres dapat menyebabkan nafsu makan menurun, pengosongan lambung, peningkatan asam lambung, sehingga muncul rasa nyeri pada bagian lambung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan stres dengan gejala gatritis di MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross sectional di MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 56 orang yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang yang diukur adalah pola makan, tingkat stres, dan gejala. Analisis univariat pada penelitian ini adalah jenis kelamin, umur, riwayat gastritis, gejala gastritis, pola makan, dan stres. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji chi square.
Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola makan dengan gejala gastritis (p value 0,037). Responden dengan kategori pola makan tidak baik memiliki resiko 3 kali lebih besar mengalami gejala gastritis dibandingkan dengan responden dengan pola makan baik. Tingkat stres tidak berhubungan dengan gejala gastritis (p value 1,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pola makan dengan gejala gastritis dan tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dengan gejala gastritis.

ABSTRACT:
Adolescence have a productive age that can experience lifestyle changes, from unhealthy lifestyle making them susceptible to gastritis symptoms. Major factors that cause gastritis are improper eating patterns, improper frequency of eating, overeating and hastily eating, overeating and fast, or over consuming spice and spicy food. Gastritis can easily attack individuals who have an irregular eating patterns. Stress affects changes in physiological functions in body systems, one of which is the digestive system. Stress can cause loss of appetite, gastric emptying, increasing stomach acid, resulting in pain in the stomach.
The purpose of this study was to determine the relationship between diet and stress with symptoms of gastritis at MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman. This is a quantitative research with a cross sectional approach at the MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman. The sample used in this study were 56 people who had met the inclusion and exclusion criteria. The eating patterns, the stress levels, and gastritis symptoms. Univariate analysis were gender, age, gastritis history, gastritis syimptoms, diet, and stress. The bivariate analysis used was the chi square test.
The results of bivariate analysis showed that there was a relationship between diet and gastritis symptoms (p value 0.037). Respondents with a bad eating pattern had a risk of 3 times greater experiencing symptoms of gastritis compared to respondents with a good diet. Stress level was not associated with gastritis symptoms (p value 1,000). The conclusion of this study is that there is a relationship between diet and gastritis symptoms and there is no relationship between stress levels and gastritis symptoms.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gejala gastritis; Pola makan; Tingkat stres; Remaja putri
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Feb 2023 02:14
Last Modified: 25 Feb 2023 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics