Relasi suami dan istri dalam pemenuhan nafkah keluarga perspektif kesetaraan gender : studi kasus pekerja genteng di industri Genteng Sokka Desa Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen

Azka, Annisatul (2022) Relasi suami dan istri dalam pemenuhan nafkah keluarga perspektif kesetaraan gender : studi kasus pekerja genteng di industri Genteng Sokka Desa Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016006_Annisatul_Azka] Text (SKRIPSI_1702016006_Annisatul_Azka)
1702016006_Annisatul Azka_Full_Skripsi - Annisatul Azka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Membina rumah tangga merupakan perintah agama dan di nilai sebagai ibadah bagi setiap umat Islam. Ketika memutuskan untuk menikah, maka seorang laki-laki harus siap dengan tanggung jawabnya untuk memberikan nafkah kepada perempuannya. Akan tetapi yang terjadi di Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, pada kehidupan rumah tangga dari beberapa pasangan tersebut berbeda dengan tradisi kebudayaan dan agama, yang mana biasanya dalam kehidupan rumah tangga saling melengkapi, adil, dan didominasi oleh seorang suami yang sesuai dengan hak dan tugasnya sehingga dapat mewujudkan rumah tangga yang harmonis. Berdasarkan realita tersebut, para suami belum sepenuhnya mencukupi nafkah keluarga yang mana istri masih ikut serta bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sedangkan nafkah merupakan salah satu hak perempuan yang wajib dipenuhi oleh suami terhadap istri.
Fokus permasalahan disini adalah bagaimana relasi suami istri dalam pemenuhan nafkah keluarga perspektif kesetaraan gender. Seperti yang terjadi di masyarakat Kedawung seorang suami yang kewajibannya mencukupi nafkah keluarga , namun pada kenyataanya mereka tidak sepenuhnya mencukupi nafkah keluarganya karena penghasilan mereka yang tidak menentu dan tidak setiap hari bekerja, sehingga istri ikut bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan nafkah keluarga.
Penelitin ini merupakan penelitian hukum empiris (empirical law research). Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara terhadap pekerja genteng di industri genteng sokka di Desa Kedawung. Sumber data sekunder diperoleh melalui buku dan jurnal untuk meneliti tentang relasi suami istri dalam pemenuhan nafkah keluarga.
Hasil penelitian menunjukkn bahwa relasi suami istri pada masyarakat di Desa Kedawung yakni sebagian besar berdasarkan UU Perkawinan Pasal 31 No 1 Tahun 1974, Pasal 34 UU Perkawinan, Pasal 80 dan Pasal 83 Kompilasi Hukum Islam. Sedangkan pola relasi suami istri yang dilakukan oleh keluarga pekerja genteng di Desa Kedawung dalam pemenuhan nafkah keluarga berperspektif gender yaitu sebagian besar para suami dan istri menggunakan pola feminisme, dimana istri bekerja untuk memenuhi kebutuhan nafkah keluarga karena suami tidak mesti bekerja dalam sehari-harinya. Suami bekerja jika ada yang memerlukan jasanya sehingga penghasilan suami tidak menentu.. Seorang istri bisa ikut bekerja karena semakin banyak perempuan yang memiliki kemampuan intelektual dan kecerdasan nalar, bahkan juga kekuatan fisik yang secara relatif mengungkuli laki-laki. Hal ini karena kebudayaan telah memberikan peluang, meskipun masih sedikit, untuk aktualisasi atas potensi-potensi yang mereka miliki, seperti juga yang dimiliki oleh laki-laki. Maka tidak sedikit dari seorang istri yang ikut serta bekerja untuk membantu suaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nafkah; suami; istri; kesetaraan gender
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 25 Feb 2023 03:20
Last Modified: 25 Feb 2023 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics