Studi pemikiran Ali Mustofa tentang hisab awal bulan kamariah dalam buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki

Firmansyah, M Rizqi Adi (2023) Studi pemikiran Ali Mustofa tentang hisab awal bulan kamariah dalam buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046088_M Rizqi Adi Firmansyah_Lengkap] Text (Skripsi_1602046088_M Rizqi Adi Firmansyah_Lengkap)
1602046088_M Rizqi Adi Firmansyah_Lengkap Tugas Akhir - Rizqi Adi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penetapan awal bulan Kamariah merupakan suatu hal yang sangat penting, mengingat bulan Kamariah ini erat kaitannnya dengan pelaksaan ibadah bagi umat muslim. Dengan berkembangnya zaman, banyak bermunculan beberapa pakar dalam bidang ilmu Falak.
Tentunya dengan bermunculan para pakar Falak tersebut, masing-masing mempunyai beberapa pemikiran tersendiri, seperti pada penggunaan metode dalam penentuan awal bulan Kamariah. Ali Mustofa merupakan ahli falak yang berasal dari Maesan, Mojo, Kediri. Beliau telah mencetak beberapa karya dalam bidang ilmu Falak, seperti pembuatan alat peraga yang dapat digunakan untuk menggambarkan bola langit secara nyata.
Beliau juga membuat beberapa konsep perhitungan dalam menentukan awal bulan Kamariah, salah satunya yang diterapkan dalam buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki. Konsep perhitungan penentuan awal bulan Kamariah dalam buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki ini, data yang menjadi dasar perhitungan yakni data awamil sudah disediakan dalam bentuk tabel tanpa perlu melakukan proses perhitungan, salah satu data yang sudah disediakan dalam tabel awamil yakni waktu ijtimā’.
Hal ini tentunya berbeda dengan kebanyakan buku atau kitab yang membahas penentuan awal bulan Kamariah yang dalam perhitungannya perlu menentukan data yang menjadi dasar perhitungannya terlebih dahulu untuk dapat menentukan waktu ijtimā’. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut konsep perhitungan dalam buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki serta tingkat akurasinya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian Kualitatif, dengan kajian kepustakaan (library research). Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki karya Ali Musofa, sedangkan untuk sumber data sekundernya berupa wawancara dengan Ali Mustofa selaku pengarang dari buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki.
Untuk teknik analisis data yang digunakan berupa telaah terhadap buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki serta hasil wawancara terhadap Ali Mustofa, kemudian penulis menguji keakurasian hasil perhitungannya dengan perhitungan Ephemeris Hisab Rukyat yang dijadikan pedoman dalam penentuan awal bulan Kamariah oleh Kementerian Agama RI.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan, di antaranya: pertama, bahwa penggunaan data yang dijadikan dasar perhitungan yakni data awamil dalam buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki ini berasal dari beberapa kitab yang berbeda, untuk data awamil hilāl datanya berasal dari kitab Sullamul Qodiriyah karya Ali Mustofa juga, sedangkan untuk data awamil ijtimā dari kitab ad-Dūrr al-Anīq karya Ahmad Ghozali Muhammad Fathullah.
Sementara metode yang digunakan yakni hisab ḥaqīqi bit taḥqīqi, hal ini dibuktikan dengan penggunaan rumus trigonometri atau ilmu ukur segitiga bola serta memperhitungkan gerak Bulan dan Bumi yang sebenarnya. Kedua, hasil uji akurasi perhitungan penentuan awal bulan Kamariah antara buku As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki dengan Ephemeris yang merupakan perhitungan dengan metode kontemporer tergolong akurat, selisih terbesar terjadi pada penentuan nilai azimuth hilāl yakni 15m 55d, sementara untuk selisih terkecil pada penentuan waktu matahari terbenam yakni 1d.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal bulan Kamariah; As-Sullam at-Taqribi wat Tahkiki; Akurasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Feb 2023 03:21
Last Modified: 25 Feb 2023 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics