Studi analisis metode hisab gerhana bulan dalam kitab Niẓām Al-Qamarain Fi Hisāb Al-Ijtimā’ Wa Al-Hilāl Wa Al-Kusufain karya Abu Sabda Utsman

Asnawi, Sani Muhammad (2022) Studi analisis metode hisab gerhana bulan dalam kitab Niẓām Al-Qamarain Fi Hisāb Al-Ijtimā’ Wa Al-Hilāl Wa Al-Kusufain karya Abu Sabda Utsman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046103_Sani Muhammad Asnawi_Full] Text (Skripsi_1702046103_Sani Muhammad Asnawi_Full)
1702046103_Sani Muhammad Asnawi_Full Skripsi - Sani muhammad asnawi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode perhitungan gerhana Bulan dalam kitab Niẓām Al-Qamarain Fi Hisāb Al-Ijtimā’ Wa Al-Hilāl Wa Al-Kusufain karya Abu Sabda Utsman. Penulis tertarik untuk mengkajinya karena kitab Niẓām Al-Qamarain menjadi salah satu dari puluhan kitab yang menjadi rujukan dalam Sinkronisasi Hisab Rukyat yang diadakan oleh Kemenag setiap tahun. Selain itu metode yang digunakan dalam perhitungan gerhana Bulannya adalah metode awāmil khusūf yang mirip dengan kitab ad-Durul Anīq karya K.H Ahmad Ghozali. Lebih lanjut yang membuat penulis tertarik adalah hasil hisabnya menghasilkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan hasil NASA, oleh karena itu, penulis merumuskan fokus kajian dalam dua pokok permasalahan, pertama, Bagaimana metode hisab gerhana Bulan yang dikemukakan Abu Sabda Utsman dalam kitab Niẓām al-Qamarain fi Hisāb al-Ijtimā’ Wa al-Hilāl wa al-Kusūfain? Kedua, Bagaimana tingkat akurasi Metode Hisab Gerhana Bulan yang dikemukakan Abu Sabda Utsman dalam kitab Niẓām al-Qamarain fi Hisāb al-Ijtimā’ Wa al-Hilāl wa al-Kusūfain?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (Library research) yang bersifat deskriptif komparatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kitab Niẓām Al-Qamarain Fi Hisāb Al-Ijtimā’ Wa Al-Hilāl Wa Al-Kusufain dan wawancara dengan Abu Sabda Utsman selaku pengarang kitab Niẓām Al-Qamarain. Sedangkan sumber sekunder penelitian ini adala kitab ad-Durul Anīq karya K.H Ahmad Ghozali, NASA, dokumen-dokumen, buku-buku, tulisan ilmiah, jurnal- jurnal dan makalah yang dapat menunjang penelitian ini.
Penelitian ini memiliki dua kesimpulan: Pertama, Metode hisab gerhana Bulan yang digunakan Abu Sabda Utsman dalam kitab Niẓām al-Qamarain fi Hisāb al-Ijtimā’ wa al-Hilāl wa al-Kusufain adalah metode hisab haqiqi tadqiqi (kontemporer) dengan menggunakan rumus-rumus matematika modern dan data awāmil khusūf (besselian element of lunar) dalam proses perhitungan gerhana Bulannya. awāmil khusūf dalam kitab Nizham Al-Qamarain berasal dari software Lmapwin dan kitab ad-Durul Anīq karya KH. Ahmad Ghozali serta pemikiran Abu Sabda sendiri. Dengan sumber data yang lengkap serta akurat dan sudah menggunakan rumus-rumus matematika yang telah dikembangkan dan sistem koreksinya lebih teliti, maka akan menghasilkan hasil yang akurat juga.
Kedua, Akurasi hasil perhitungan hisab gerhana Bulan dalam kitab Niẓām al-Qamarain tergolong akurat., hal ini disebabkan karena hasil perhitungan antara gerhana Bulan kitab Niẓām al-Qamarain dengan hasil NASA memeiliki selisih yang tidak terlalu jauh yaitu antara 1 sampai 4 detik. Jika dibandingkan dengan kitab ad-Durul Anīq yang menjadi rujukannya, kitab Niẓām al-Qamarain memiliki hasil yang lebih akurat, yaitu antara 1 sampai 4 detik dengan NASA, sedangkan kitab ad-Durul Anīq dengan perbandingan NASA adalah 3 sampai 15 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab gerhana bulan; Niẓām Al-Qamarain; Ad-Durru al-Anīq; Abu Sabda Utsman; NASA
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Feb 2023 04:24
Last Modified: 25 Feb 2023 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19276

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics