Analisis sistem penanggalan Jawa Islam dalam Serat Widyapradhana

Mufidah, Kurnia Sofi (2022) Analisis sistem penanggalan Jawa Islam dalam Serat Widyapradhana. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046030_Kurnia Sofi Mufidah_Lengkap] Text (Skripsi_1802046030_Kurnia Sofi Mufidah_Lengkap)
1802046030_Kurnia Sofi Mufidah_SKRIPSI full - 1802046030 KURNIA SOFI MUFIDAH(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penanggalan Jawa Islam merupakan hasil warisan asimilasi budaya Jawa dengan ajaran islam. Salah satu tulisan yang menorehkan bukti sejarah akan adanya perjalanan terbentuknya penanggalan Jawa Islam adalah Serat Widyapradhana karya Raden Ranggawarsita. Tidak hanya menjelaskan tentang penanggalan Jawa Islam saja, namun berisi tentang sejarah penanggalan lain yang berkaitan dengan penanggalan Jawa islam. Terdapat perbedaan tahun pertama yang dijadikan acuan perhitungan tahun Jawa Islam dalam Serat Widyapradhana dengan tahun Jawa pada umumnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membatasi pada beberapa pokok bahasan, 1) Bagaimana sistem penanggalan Jawa Islam dalam Serat Widyapradhana? 2) Bagaimana algoritma perhitungan sistem penanggalan Jawa Islam dalam Serat Widyapradhana?.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis yang bersifat deskriptif analitis dengan menjelaskan dan melakukan perhitungan terhadap data yang diperoleh dari manuskrip Serat Widyapradhana. Sumber data primer yang digunakan berasal dari Manuskrip Serat Widyapradhana sedangkan sumber data sekunder berasal dari wawancara dengan para tokoh yang ahli dibidang penanggalan dan falak serta tulisan-tulisan yang membahas tentang penanggalan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, sistem penanggalan Jawa Islam menurut Serat Widyapradhana telah berlaku 112 tahun sebelum deklarasi Sultan Agung untuk penggunaan penanggalan Jawa Islam di seluruh tanah Jawa. Kedua, algoritma sistem penanggalan Jawa Islam dalam Serat Widyapradhana sama dengan perhitungan penanggalan Jawa Islam lainnya. Namun, untuk koreksi 2400 tahun tidak perlu diperhitungkan karena selisih perbedaan penanggalan Jawa Islam dengan Hijriyah adalah genap 24 jam selama 120 tahun, bukan 22 jam 48 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Algoritma; Penanggalan Jawa Islam; Serat Widyapradhana
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Feb 2023 04:44
Last Modified: 25 Feb 2023 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics