Analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Fatḥul Laṭīf karya Kiai Suhaimi Palas

Muttaqin, Muftihul (2022) Analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Fatḥul Laṭīf karya Kiai Suhaimi Palas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046044_Muftihul Muttaqin_Lengkap] Text (Skripsi_1802046044_Muftihul Muttaqin_Lengkap)
1802046044_Muftihul Muttaqin_Lengkap Tugas Akhir - Muftihul Muttaqin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kitab Falak memiliki tiga metode hisab, yaitu hisab dengan metode Taqribi, Ḥaqiqi bi at-taḥqīq, dan Kontemporer. Kitab Fatḥul Laṭīf karya Kiai Suhaimi Palas adalah kitab yang masih menggunakan hisab Taqribi, yang di dalamnya masih menggunakan perhitungan sederhana.
Skripsi ini dibuat guna menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang ada meliputi: 1). Bagaimana metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Fatḥul laṭīf? 2). Bagaimana akurasi metode hisab awal bulan Kamariah dalam Kitab Fatḥul Laṭīf?
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif analisis. Dengan sumber data primer yaitu kitab Fatḥul Laṭīf dan hasil wawancara kepada para murid dan keluarga dari pengarang kitab Fatḥul Laṭīf. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian berupa dokumentasi hasil perhitungan, buku-buku, tulisan, hasil wawancara, dan lain sebagainya.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kitab Fatḥul Laṭīf merupakan kitab yang masih menggunakan metode hisab ḥaqiqi bi at-taqribi yang menggunakan tabel (jadwal) yang didapatkan dari tabel Ulugh Beyk, yang mana hampir sama dengan kitab-kitab Taqribi lainnya. Maka hasil perhitungan dari kitab Fatḥul Laṭīf masih dikatakan kurang akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal bulan kamariah; Fatḥul laṭīf; Hisab taqribi; Kiai Suhaimi Palas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:30
Last Modified: 27 Feb 2023 10:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics