Sinergitas pengelolaan pajak dan zakat dalam keuangan publik islam menurut masdar farid mas’udi dan undang-undang di indonesia

Ramadani, Wahyu (2022) Sinergitas pengelolaan pajak dan zakat dalam keuangan publik islam menurut masdar farid mas’udi dan undang-undang di indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502026009_WAHYU_RAMADANI] Text (SKRIPSI_1502026009_WAHYU_RAMADANI)
SKRIPSI_1505026009_WAHYU_RAMADANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Zakat dan Pajak merupakan dua sumber pendanaan penting bagi negara. Keduanya berfungsi untuk memecahkan masalah ekonomi dan mengurangi kemiskinan di masyarakat. Namun pada kenyataannya fungsi zakat dan pajak belum dapat optimal. Baznas dan laz sebagai perpanjangan tangan pemerintahan dalam mengelola zakat belum bisa maksimal dalam penghimpunan dana zakat maupun pajak. Meskipun siafat pajaknya tidak khusus untuk orang miskin, tetapi juga untuk orang kaya, namun nyatanya keberadaan pajak belum mampu mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk mensinergitaskan zakat dan pajak dalam ranagaka meningkatkan pemungutan zakat dan pajak. Dengan bersinergitasnya zakat dan pajak diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat dan pajak yang pada akhirnya dapat digunakan untuk mengentaskan kemiskinan.
Dalam hal ini pengelolaan zakat dan pajak dapat di sinergitas dengan pengelolaan zakat itu untuk kesejahteraan masyarakat sedangan pendapatan pajak itu di gunakan untuk pembanguna infrastruktur jadi dengan demikian aka nada sinergitas yang nyata bagi pembangunan ekonomi khususnya di keuangan public Islam. Pembangunan ekonomi yang khusus di keuangan public ini dapat diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengatas kesenjangan ekonomi yang terjadi dimasyarkat, untuk pembangunan infrastruktur diharapkan dapat merata kesemua kalangan dapat menikmatinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Pajak; Sinergitas.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:47
Last Modified: 03 Mar 2023 10:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19319

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics