Aplikasi akuntansi berbasis microsoft excel pada Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Mashturyah Semarang berdasarkan Pedoman Akuntansi esantren (PAP)

Syiroth, Ihsan (2022) Aplikasi akuntansi berbasis microsoft excel pada Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Mashturyah Semarang berdasarkan Pedoman Akuntansi esantren (PAP). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046007_IHSAN_SYIROT] Text (SKRIPSI_1705046007_IHSAN_SYIROT)
SKRIPSI_1705046007_IHSAN_SYIROT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mengenai Pedoman Akuntansi Pesantren yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) dengan bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), yang bertujuan sebagai pedoman akuntansi sehingga pondok pesantren dapat menyusun laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Pedoman tersebut mendorong pondok pesantren dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam mengelola keuangan pesantren yang dapat meningkatkan kepercayaan dari stakeholder yang diharapkan dapat mendukung pengembangan program pesantren.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan menyelesaikan permasalahan pada penyusunan laporan keuangan pondok pesantren Al-Qur’an Al-Masthuriyah Semarang tahapan dalam penelitian ini yaitu perancangan aplikasi yang sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren, desain menggunakan diagram konteks dan diagram alur proses rangkaian sistem. Kemudian pengujian kelayakan aplikasi, yang akan menunjukan bahwa aplikasi yang dikembangkan tersebut layak untuk digunakan.
Hasil dari penelitian ini adalah Sistem pencatatan yang digunakan pada pondok pesantren Al-Qur’an Al-Masthuriyah Semarang sebelumnya masih menggunakan pencatatan secara manual yaitu hanya berupa penerimaan kas dan pengeluaran kas. Dengan adanya aplikasi akuntansi pesantren akan memudahkan bendahara dalam membuat pencatatan laporan keuangan pesantren yang sesuai Pedoman Akuntansi Pesantren. Aplikasi ini merupakan upaya menginisiasi bahwa pondok pesantren dapat membuat laporan keuang berbasis aplikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pedoman Akuntansi Pesantren; Pondok Pesantren dan Aplikasi Akuntansi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:53
Last Modified: 04 Mar 2023 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics