Analisis terhadap problematika tukar ganti tanah wakaf (ruislag) Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu yang terdampak tol Semarang-Demak

Prayogo, Heru (2022) Analisis terhadap problematika tukar ganti tanah wakaf (ruislag) Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu yang terdampak tol Semarang-Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016147_Heru_Prayogo] Text (SKRIPSI_1702016147_Heru_Prayogo)
1702016147_Heru Prayogo_Full Skripsi - Heru Prayogo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proyek jalan tol Semarang-Demak termasuk Proyek Strategis Nasional yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang sering terjadi di jalan utama pesisir pulau jawa dan menjadi tanggul untuk mengatasi banjir rob di daerah pesisir. Dalam pelaksanannya proses pembebasan lahan atau tanah milik penduduk termasuk di dalamnya adalah aset tanah wakaf, khususnya tanah wakaf Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu berjumlah 58 bidang tanah atau seluas 10 hektar masih menyisakan permasalahan terkait tanah pengganti yang hingga saat ini belum terselesaikan semua, sedangkan pembangunan tol Semarang-Demak seksi II sudah selesai dan mulai digunakan.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan dua masalah yaitu 1.) Apa problematika tukar ganti tanah wakaf di Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu yang terdampak tol Semarang-Demak, 2.) Bagaimana solusi dalam menyelesaikan problematika tukar ganti tanah wakaf di Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu yang terdampak tol Semarang-Demak.
Penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu, BPN, Kemenag, dan PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Semarang-Demak. Selain data primer penulis juga menggunakan data sekunder. Serta sumber data dari bahan hukum baik primer maupun sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah problematika tukar ganti tanah wakaf di Yayasan Sunan Kalidjogo Kadilangu yang terdampak tol Semarang-Demak disebabkan antara lain: kesulitan mencari tanah pengganti, kurangnya koordinasi antara PPK dengan na>z}ir, serta perhitungan nilai dan manfaat tidak tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf; ruislag; Sunan Kalijodo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Mar 2023 03:05
Last Modified: 04 Mar 2023 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19325

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics