Analisis pengelolaan dana zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi mustahik (Studi Kasus pada BAZNAS Kabupaten Demak)

Idris, Ahmad (2022) Analisis pengelolaan dana zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi mustahik (Studi Kasus pada BAZNAS Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605026107_AHMAD_IDRIS] Text (SKRIPSI_1605026107_AHMAD_IDRIS)
1605026107AhmadIdrisDRH - Ahmad Idris.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (31kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan persoalan yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Karena kemiskinan adalah lemahnya sumber penghasilan individu untuk memenuhi segala kebutuhan ekonomi hidupnya. Salah satu cara menanggulangi kemiskinan, diantaranya yaitu optimalisasi zakat. Dengan dana zakat yang dihimpun, dikelola dan didistribusikan oleh badan atau lembaga yang amanah dan profesional, maka hal ini menjadi potensi untuk pemberdayaan ekonomi mustahik dan menciptakan masyarakat berwirausaha.
Fokus penelitian berkaitan pada pengelolaan dana zakat produktif yang ditujukan dalam memeperluas pemberdayaan ekonomi mustahik di BAZNAS Kabupaten Demak dan penentu faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengelolaan dana zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Demak. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskritptif melalui pengumpulan data dari aktivitas dokumentasi, observasi dan wawancara.
Perolehan hasil analisis memuat informasi pengelolaan dana zakat produktif oleh BAZNAS Kab. Demak untuk kepentingan pemberdayaan ekonomi mustahik berjalan dengan baik, tetapi belum bisa mensejahterkan ekonomi mustahik. Ditemukan penghambat dalam pengelolaan dana zakat tersebut sebab kurangnya kesadaran pengusaha sebagai muzakki di Kabupaten Demak serta kurang kesadaran mustahik dalam menggunakan dana dan serta modal bantuan usaha, dan kurangnya pengawasan dan pendampingan dari BAZNAS Kabupaten Demak terhadap mustahik. Maka hal itu perlu dibenahi agar lebih baik dalam mengelola dana zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; zakat produktif; ekonomi mustahik.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 04 Mar 2023 03:30
Last Modified: 04 Mar 2023 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics