Perubahan sosial masyarakat Samin : studi pada pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

Sundari, Rina (2022) Perubahan sosial masyarakat Samin : studi pada pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1606026034_Rina_Sundari] Text (Skripsi_1606026034_Rina_Sundari)
Skripsi_1606026034_Rina_Sundari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Samin di Desa Baturejo merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu mengenai ajaran saminisme yang mereka anut. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman yang semakin modern masyarakat Samin di Desa Baturejo telah mengalami perubahan sosial diberbagai aspek. Perubahan yang nampak pada masyarakat Samin di Desa Baturejo adalah perubahan pada pranata keluarga yang ditandai dengan pernikahan secara Islam dan berubahnya orientasi pendidikan yang lebih maju. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo dahulu dan sekarang serta apa saja dampak dari pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo dahulu dan sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial pada pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh perubahan pada pranata keluarga tersebut
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan naratif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui data primer berupa observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui laporan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan teknik snowball dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori perubahan sosial dari Mac Iver.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan sosial pada pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo telah mengalami perubahan. Perubahan pada pranata keluarga masyarakat Samin dapat dilihat dengan adanya perubahan pada pernikahan dan orientasi pendidikan dahulu dan sekarang. Pernikahan secara adat Samin mulai tergeser dengan pernikahan secara Islam karena masyarakat Samin menikah dengan masyarakat sekitar yang beragama Islam. Orientasi pendidikan bagi masyarakat Samin di Desa Baturejo telah mengalami perubahan yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran untuk bersekolah formal, berbeda dengan orientasi pendidikan dahulu yang tidak bersekolah formal. Perubahan pada pranata keluarga masyarakat Samin di Desa Baturejo berdampak pada kondisi sosial budaya dan ekonomi. Dampak sosial budaya dari perubahan pranata keluarga ini ditandai dengan lunturnya identitas lokal sebagai masyarakat Samin dan berubahnya tradisi-tradisi lama. Sedangkan dampak ekonomi dari perubahan pranata keluarga adalah mulai beragamnya matapencaharian dan meningkatnya kondisi ekonomi masyarakat Samin di Desa Baturejo.

ABSTRACT:
The Samin community in Baturejo Village is a cummunity group that has its own uniqueness, namely regarding the teachings of Saminism which they adhere. As time goes by and the development of an increasingly modern era, the Samin community in Baturejo Village has experienced social changes in varrious aspects. Changes that appear in the Samin community in Baturejo Village are changes in family institutions which are marked by Islamic marriage and a change in educational orientation to a more level. The problem in this study is about how the family institutions of the Samin community in Baturejo Village then and now and the impacts of the family institutions of the Samin community in Baturejo Village then and now. The study aims to determine social changes in the family institutions of the Samin community in Baturejo Village and to detrmine the impact caused by changes in these family institutions.
This reasearch is a field reasearch with qualitative reasearch methods and descriptive narrative approach. Source of data obtained through primary data in the form of observation and interviews, while secondary data obtained through reports and documentation. Data analysis techniques used descriptive qualitative research methods with an inductive approach and used data analysis techniques from Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation and drawing conclusion. The data that has been obtained is then analyzed using Mac Iver’s theory of social change.
The results of this study indicate that social changes in the family system of the Samin community in Baturejo Village have undergone changes. Changes in the family system of the Samin community can be seen by changes in marriage and educational orientation past and present. Samin’s traditional marriage began to be shifted to Islamic marriage because the Samin community married the surrounding community who were Muslim. Educational orientation for the Samin community in Baturejo village has undergone a change, which is marked by increassed awareness of formal schooling, which is different from the previous education orientation that didn’t attend formal school. Changes in the family system of the Samin ommunity in Baturejo village have a impact on socio-cultural and economic conditions. The socio-cultural impact of this change in family institutions is marked be the fading of local identity as the Samin community and the changing of old traditions. Meanwhile, the economic impact of change in family instittutions is the start of diverse livelihoods and the increasing economic conditions of the Samin community in Baturejo Village.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial; Pranata keluarga; Masyarakat Samin
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:25
Last Modified: 06 Mar 2023 09:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics