Perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi E-commerce melalui media sosial instagram

Anam, M. Khoiril (2022) Perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi E-commerce melalui media sosial instagram. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602056008_M_Khoiril_Anam] Text (SKRIPSI_1602056008_M_Khoiril_Anam)
1602056008_M._Khoiril_Anam_TUGAS_AKHIR - Abdi Purnama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam hal ini merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia, yang mana teknologi di lain sisi memberikan kemudahan tetapi juga memberikan permasalahan baru yang diterima oleh manusia. Internet adalah salah satu bentuk dari perkembangan teknologi itu sendiri. Internet merupakan media elektronik dan informasi yang perkembangannya sangat cepat. Internet banyak dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan perdagangan, kegiatan perdagangan yang memanfaatkan internet dikenal dengan sebutan e-commerce, sala satu kegiatan perdagangan internet yaitu melalui platform Instagram. Perdagangan melalui media sosial Instagram itu sendiri menimbulkan banyak permasalahan yang berkaitan dengan hukum dengan segala resikonya. Permasalah yang dapat timbul antara lain adalah wanprestasi. Tujuan skripsi ini adalah untuk menganalisis hak dan kewajiban para pihak dalam transaksi jual beli melalui Instagram dan akibat hukum yang timbul apabila penjual dalam transaksi jual beli melalui Instagram melakukan wanprestasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif-empiris dengan mengkaji pelaksanaan atau implementasi ketentuan hukum positif (perundang-undangan) dan kontrak secara faktual pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat guna mencapai tujuan yang telah di tentukan serta mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai perilaku nyata (actual behavior), sebagai gejala sosial yang sifatnya tidak tertulis, yang di alami setiap orang dalam hubungan hidup bermasyarakat. sumber data yang digunakan adalah data yang besifat kepustakaan, dan wawancara. Analisis dilakukan secara kuaitatif, dan hasil penelitian disajikan dalam bentuk paragraf naratif sedangkan data disajikan dengan deskriptif analitis.

Penelitian dalam skripsi ini menyimpulkan bahwa: dalam kegiatan jual beli yang dilakukan di Instagram sering terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam hak dan kewajiban yang tidak lagi sesuia dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat dan upaya hukum yang dapat dilakukan apabila terjadi wanprestasi dari salah satu pihak baik itu penjual dan pembeli yang melakukan transaksi online dapat digugat di dalam lingkungan peradilan umum atau diluar pengadilan dan dapat dikenakan denda secara langsung bagi pihak yang melakukan wanprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsumen; e commerce; wanprestasi
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:34
Last Modified: 07 Mar 2023 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19350

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics