Tinjauan hukum Islam terhadap sewa menyewa sawah hibah bersama : studi kasus di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak

Fatmawati, Irna (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap sewa menyewa sawah hibah bersama : studi kasus di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036039_IRNAFATMAWATI_FULL] Text (Skripsi_1502036039_IRNAFATMAWATI_FULL)
1502036039_IRNAFATMAWATI_FULL SKRIPSI - IRNA FATMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan Sewa menyewa sawah banyak dilakukan oleh masyarakat, seperti halnya yang terjadi di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak pada umumnya sama dengan sewa menyewa yang kebanyakan terjadi di desa-desa lainnya. Ketika kedua belah pihak sudah sepakat dan terjadi akad maka kegiatan sewa menyewa ini besifat mengikat kedua belah pihak. Tetapi dalam pertengahan kesepakatan berlangsung pemilik sawah membatalkan kesepakatan secara sepihak sebelum masa sewanya berakhir dikarenakan adanya perselisihan diantara anggota keluarga orang yang menyewakan.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu antara lain: 1) Bagaimana praktik sewa menyewa sawah hibah bersama di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa menyewa sawah hibah yang terjadi di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak? Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi yang selanjutnya disusun secara deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa praktik sewa menyewa sawah hibah bersama di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak sudah memenuhi rukun dan syarat dalam akad ijarah dan dianggap sah menurut hukum Islam. Tetapi jika ditinjau mengenai berakhirnya akad ijarah, menurut hukum Islam pembatalan sepihak yang dilakukan oleh salah satu pihak tidak diperbolehkan karena dapat menimbulkan kerugian bagi pihak lainnya. Meskipun praktik sewa tersebut diterima para pihak dengan didasari rasa saling rela dan saling percaya akan tetapi hal semacam itu tidak sesuai dengan hukum Islam dan transaksi tersebut dianggap fasid (tidak sah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Sewa menyewa; Hibah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:56
Last Modified: 08 Mar 2023 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics