Tinjauan kriminologi kasus penganiayaan oleh anak : studi putusan Nomor 1/PID.SUS-ANAK/2020/PN Kepanjen Malang

Kurniawan, Dikki (2022) Tinjauan kriminologi kasus penganiayaan oleh anak : studi putusan Nomor 1/PID.SUS-ANAK/2020/PN Kepanjen Malang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802056013_Dikki_Kurniawan] Text (SKRIPSI_1802056013_Dikki_Kurniawan)
1802056013_Dikki Kurniawan_Full Skripsi - Dimas Fajar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kriminologi merupakan Ilmu yang mempelajari /mengetahui sebab-sebab terjadinya suatu kejahatan, akibat-akibat yang ditimbulkan, cara-cara memperbaiki pelaku kejahatan dan cara-cara mencegah kemungkinan timbulnya kejahatan. Penganiayaan merupakan suatu tindakan yang melawan hukum, penganiayaan merupakan perbuatan yang menyebabkan seseorang merasakan rasa sakit atau luka bahkan kematian. Kejahatan atau tindak pidana yang dilakukan oleh anak (ZA) merupakan masalah yang sangat mengkhawatirkan bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Tindak pidana yang dilakukan oleh anak (ZA) dalam Putusan Nomor 1/Pid.Sus.Anak/2020/PN Kepanjen Malang tersebut perlu dikaji secara kriminologi dengan bantuan Hukum Pidana untuk menghetahui bagaimana penyelesaian masalah tersebut. Permasalahan yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan kriminologi kasus penganiayaan oleh anak yang diputus oleh Pengadilan Negeri Kepanjen Malang Dalam Putusan Nomor 1/PID.SUS-ANAK/2020/PN Kepanjen Malang.

Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian normatif, yaitu jenis penelitian dengan menggunakan cara mengkaji studi dokumen, yakni menggunakan doktrin-doktrin dari berbagai data seperti peraturan perundang-undangan, keputusan pengiadilan, teori hukum, dan dapat berupa pendapat para sarjana. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari yang bersumber dari bahan hukum primer dan sekunder. Data Sekunder dikumpilkan dengan teknik studi kepustakaan berupa peraturan perundang-undangan, buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti serta dokumen resmi.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kriminologi mengkaji segala aspek tentang kejahatan, merujuk pada tindakan kejahatan penganiayaan yang dilakukan oleh anak dalam putusan Nomor 1/Pid.Sus.Anak/2020/PN Kepanjen Malang. Menyatakan Anak (ZA) telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Penganiayaan yang menyebabkan matinya orang“sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 351 (3) KUHP, Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada Anak (M) als (ZA) Bin (S) dengan pidana “ Pembinaan dalam Lembaga ” di LKSA Darul Aitam di Wajak Kab Malang selama 1 ( satu) tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kriminologi; penganiayaan; tindak pidana; putusan.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:57
Last Modified: 09 Mar 2023 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics