Tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa menyewa rumah dinas TNI Angkatan Laut di Semarang Barat yang digunakan sebagai lahan parkir

Rohim, Ade Nur (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa menyewa rumah dinas TNI Angkatan Laut di Semarang Barat yang digunakan sebagai lahan parkir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036124_ADE NUR ROHIM_Full] Text (Skripsi_1602036124_ADE NUR ROHIM_Full)
1602036124_ADE NUR ROHIM_Full Skripsi - AdeNur Rohim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di era yang sudah modern ini di berbagai aspek apapun, semuanya sudah serba simple dan mudah tidak perlu repot untuk bertransaksi. Salah satunya yaitu dalam bidang ekonomi, dahulu jual beli hanya ersedia melalui metode tatap muka atau bertemu langsung, berbeda dengan era yang sudah modern, sekarang ini jual beli sudah bisa menggunakan traksaksi online, konsumen tidak perlu bertemu langsung dengan penjual melainkan cukup dengan duduk manis dan memesan melalui handphone.
Perusahaan ekspedisi guna memajukan perusahaan dan untuk mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman, maka berlomba - lomba untuk membangun kantor di seluruh penjuru kota, tentunya dengan memilih lahan atau tempat yang strategis guna untuk menjangkau konsumen agar lebih mudah dalam bertransaksi. Pembangunan atau penempatan cabang kantor yang strategis itulah yang menyebabkan kekurangan lahan yaitu lahan untuk oprasional parkir kendaraan ataupun lahan untuk parkir karyawan. Maka dengan itu munculah sewa menyewa rumah dinas TNI AL yang di jadikan lahan parkir bagi perusahaan yang bersangkutan.
Sewa menyewa rumah dinas TNI AL Semarang Barat tersebut di karenakan, pihak dari konsolidator lion parcel yang bergerak di bidang ekspedisi pengiriman barang dan dokumen, kemudian perusahaan tersebut membutuhkan lahan parkir tetapi tidak mempunyai lahan kemudian menyewa rumah dinas yang seharusnya dilarang untuk di sewakan sesuai peraturan yang berlaku akan tetapi pada praktik di lapangan sewa menyewa rumah dinas tetap berjalan.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang lebih menekankan pada aspek proses suatu tindakan dilihat secara menyeluruh. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan hukum Yuridis empiris yaitu pendekatan penelitian hukum yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataanya di masyarakat.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terhadap praktik sewa menyewa rumah dinas yang di gunakan untuk lahan parkir merupakan sebuah transaksi ijaroh yang sifatnya al-ijarah ‘ala-manafi yaitu ijarah atas manfaat atau manfaat dari suatu benda. Yaitu lahan rumah dinas yang di jadikan untuk lahan parkir kendaraan karyawaan perusahaan lion parcel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sewa menyewa; Rumah dinas; Parkir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Mar 2023 03:15
Last Modified: 11 Mar 2023 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19387

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics