Tinjauan hukum Islam terhadap problematika praktik penyelenggaraan tabungan daging : studi kasus di Desa Krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

Hikmah, Nurul (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap problematika praktik penyelenggaraan tabungan daging : studi kasus di Desa Krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036082_NURUL HIKMAH_Lengkap] Text (Skripsi_1702036082_NURUL HIKMAH_Lengkap)
1702036082_NURUL HIKMAH_Lengkap Tugas Akhir - Nurul hikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Peradaban manusia seiring berjalannya waktu terus berkembang. Hal tersebut juga berimbas pada inovasi pada akad muamalah, seperti yang terjadi pada tabungan daging di Desa Krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Akan tetapi anehnya jenis tabungan ini berbeda dengan transaksi tabungan pada umumnya, yang mana pada tabungan ini dilakukan dengan cara menabung uang secara kolektif yang ditujukan untuk mendapatkan daging sapi atau kambing menjelang lebaran.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap problematika praktik penyelenggaraan tabungan daging di Desa Krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak?.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini, penulis dapatkan atau peroleh dari lapangan, yang berupa wawancara dan tertulis. Data wawancara bisa disebut data sekunder, sedangkan data yang diperoleh dari buku atau kepustakaan disebut sebagai data primer. Data yang diperoleh penulis dari hasil lapangan dan perpustakaan kemudian penulis sajikan dalam karya ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini, tinjauan hukum Islam terhadap praktik tabungan daging di Desa Krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak menggunakan akad jual beli salam. Pada tabungan daging ini terdapat beberapa tahapan yaitu: tahap penawaran tabungan daging oleh pengelola, tahap pemesanan slot atau besaran daging, tahap penyetoran atau pembayaran tabungan dan tahapan pembagian dan penyerahan daging kepada anggota atau peserta tabungan. Akad yang digunakan pada praktik penyelenggaraan Tabungan Daging di Desa Krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak implementasi dari akad jual beli salam bukan akad wadiah, hukumnya akad salam sah apabila pembeli rela dan tidak mempersoalkan, maka akad salam tetap sah dan pembeli tidak boleh menuntut pengurangan harga. Namun, jika pembeli tidak rela, maka ada dua pilihan yang diambil yaitu Membatalkan kontrak dan meminta uang kembali atau meminta kembali barang tersedia sesuai dengan pesanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tabungan daging; Hukum Islam, Jual beli salam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:28
Last Modified: 11 Mar 2023 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics