Tinjauan hukum Islam terhadap akad pemesanna ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang

Adaby, Hassin (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap akad pemesanna ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036089_Hassin Adaby_Lengkap] Text (Skripsi_1702036089_Hassin Adaby_Lengkap)
1702036089_Hassin Adaby_Lengkap Tugas Akhir - Hassin Adaby(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Pemesanna Ilustrasi Grafis Anang Syamsu Di Kota Semarang” untuk menguraikan tema di atas, maka ada dua permasalahan yang perlu di bedah dalam praktik ini, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga pada pemesanan ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembatalan pemesanan secara sepihak pada pemesanan ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang.
Peneletian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga pada pemesanan ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembatalan pemesanan secara sepihak pada pemesanan ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di praktik pemesanan ilustrasi grafis Anang Syamsu di Kota Semarang. dengan metode pengumpulan daxta yang digunakan dalam hal ini adalah wawancara dan observasi. Penelitihan ini menggunakan metode penelitihan kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analisi dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan akad jual beli Istishna’ dan untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpul.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penetapan harga pada ilustrasi grafis Anang Syamsu menurut peniliti bisa dianggap adil karena setiap pelaku usaha ilustrasi memiliki karakter sendiri-sendiri berdasarkan pengalaman yang didapat dalam pekerjaannya ilustrasi tersebut. Penetapan ilustrasi Anang Syamsu di kota Semarang sudah sesuai dengan hukum Islam, karena dalam transaksi pelaku usaha menawarkan daftar harga yang telah dibuat oleh pelaku usaha dan disepakati oleh pihak pemesanan tanpa ada paksaan dalam transaksi mau menyetujui atau tidak dengan harga tersebut. Pihak pelaku usaha ilustrasi grafis juga memberikan penjelasan atau peraturan-peraturan transaksi pada awal Ijab Qabul dan pihak pemesan juga sudah menerimanya dan pembatalan pemesanan secara sepihak pada ilustrasi grafis Anang Syamsu di kota Semarang yang terjadi tidak diperbolehkan dalam hukum Islam. Dalam hal ini, pembatalan secara sepihak tidak memenuhi sebab-sebab diperbolehkan secara fasakh dalam Islam. Karena pada kasus pembatalan konsumen membatalkan dengan sepihak tanpa adanya persetujuan oleh pihak pelaku usaha dan dengan keterpaksaan karena beberapa sebab yang semakin merugikan pelaku usaha, pembatalan secara sepihak ini, dapat merugikan para penyedia jasa ilustrasi grafis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemesanan; Ilustrasi grafis; Istishna’
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:37
Last Modified: 11 Mar 2023 04:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19401

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics