Perspektif hukum ekonomi syariah terhadap rekayasa jual beli dalam praktik Gestun Shopee Pay Later : studi kasus pada toko GC_Things

Pratama, Lukman Aji (2023) Perspektif hukum ekonomi syariah terhadap rekayasa jual beli dalam praktik Gestun Shopee Pay Later : studi kasus pada toko GC_Things. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036104_LUKMAN AJI PRATAMA_Lengkap] Text (Skripsi_1702036104_LUKMAN AJI PRATAMA_Lengkap)
1702036104_LUKMAN AJI PRATAMA_SKRIPSI FULL - Lukman Aji.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Toko GC_Things merupakan salah satu toko online yang beroperasi pada marketplace Shopee. Selain menjual barang, GC_Things juga menyediakan jasa Gestun (Gesek Tunai) limit saldo Shopee Pay Later. Praktik Gestun merupakan salah satu tindakan penyalahgunaan limit saldo yang seharusnya digunakan untuk transaksi jual beli barang, melalui Gestun ini pelanggan dapat mencairkan limit saldonya dalam bentuk uang tunai. Pada praktiknya Gestun yang disediakan oleh toko GC_Things harus melalui berbagai proses diantaranya yaitu dengan transaksi jual beli.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang didapatkan adalah mengenai bagaimana praktik Gestun itu berlangsung? Serta bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap transaksi Gestun tersebut? Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini adalah : 1.) Dalam praktik Gestun Shopee Pay Later pada aplikasi shopee sebagaimana penulis meneliti transaksi Gestun Shopee Pay Later ini, transaksi ini menggunakan teori jual beli, dimana penjual dan pembeli bertransaksi dengan cara online untuk membuat kesepakatan. 2.) Menurut perspektif hukum ekonomi syariah, bahwasanya transaksi Gestun Shopee Pay Later pada toko GC_Things hukumnya tidak sah karena mengandung unsur riba dan transaksi ini merupakan sebuah rekayasa jual beli dengan tujuan untuk mencairkan limit saldo hanya saja menggunakan transaksi jual beli sebagai cara memanipulatif pihak aplikasi Shopee, sehingga transaksi ini hukumnya tidak sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syari’ah; Gestun; Jual beli
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:52
Last Modified: 11 Mar 2023 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics