Analisis proses adjudikasi di badan pengawas pemilu KOTA SEMARANG pada pemilu tahun 2019

Sujiati, Ani Eva (2022) Analisis proses adjudikasi di badan pengawas pemilu KOTA SEMARANG pada pemilu tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056099_Ani_Eva_Sujiati] Text (SKRIPSI_1902056099_Ani_Eva_Sujiati)
1902056099_ANI EVA SUJIATI_FULL_SKRIPSI - Septy Nanda Ari(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu memiliki kewenangan lebih yaitu menerima, mengadjudikasi serta memutus adanya dugaan pelanggaran administrasi Pemilu. Selain peraturan perundang-undangan tersebut, adanya Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelesaian Pelanggaran Administrasi Pemilu juga menjadi dasar hukum dalam menerima, memeriksa, mengkaji dan memutus dugaan pelanggaran administrasi Pemilu di Badan Pengawas Pemilu.
Proses penyelesaian pelanggaran administrasi Pemilu di Badan Pengawas Pemilu Kota Semarang terkait rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Gajahmungkur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang yang di tangani dengan sidang adjudikasi dengan seksama memperhatikan regulasi, hukum acara dan syarat ketentuan yang berlaku serta dapat dilaksanakan dengan baik.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris yang menggunakan pendekatan penelitian sosiologis yuridis, yaitu dengan cara pengamatan, wawancara dengan koordinator divisi penanganan pelanggaran, serta menelaah dokumen atau arsip yang berisi data pelanggaran administrasi Pemilu di Badan Pengawas Pemilu Kota Semarang. Hasil penelitian menerangkan bagaimana praktek pelanggaran administrasi Pemilu, penyelesaiannya serta bagaimana status hukum pelaksanaan adjudikasi Pemilu di Badan Pengawas Pemilu Kota Semarang pada tahun 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bawaslu; Kota Semarang; Pemilu; Adjudikasi
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Mar 2023 06:25
Last Modified: 11 Mar 2023 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics