Peran ganda perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga : studi pada perempuan di Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal

Lestari, Sartika Tri (2022) Peran ganda perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga : studi pada perempuan di Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026047_Sartika_Tri_Lestari] Text (Skripsi_1706026047_Sartika_Tri_Lestari)
Skripsi_1706026047_Sartika_Tri_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar perempuan menjalankan peran ganda dikarenakan tuntutan ekonomi, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, adalah salah satu Desa yang memiliki masyarakat dengan peran ganda bagi kaum perempuan yang mana seorang ibu tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga akan tetapi berperan juga dalam hal pencarian nafkah dan berpartisipasi secara aktif di dalam mencukupi ekonomi keluarganya, jadi tidak semata-mata bergantung dengan hasil yang di peroleh suami, dikarenakan suami belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga, maka peran perempuan dalam ikut serta menyelamatkan ekonomi keluarga sangatlah besar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mengetahui bagaimana wujud partisipasi yang dilakukan perempuan di Desa Getas untuk meningkatkan perekonomian keluarga (2). mengetahui bagaimana dampak peran ganda perempuan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan naratif deskriptif yakni mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah kasus secara kualitatif yang menekankan pada sebuah analisis, mengenai data-data yang diperoleh dilapangan sehingga menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa perempuan memiliki tujuan yang rasional untuk mencapai keinginan nya dalam meningkatkan ekonomi keluarga nya wujud partisipasi perempuan dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga adalah dengan melakukan peran ganda yaitu selain menjadi seorang ibu rumah tangga dengan segala tugas dan tanggung jawabnya, perempuan di Desa Getas juga bekerja, hal ini dilakukan untuk menambah ekonomi keluarga, dikarenakan penghasilan suami kurang mencukupi, pekerjaan yang dilakukan perempuan di Desa Getas antara lain: sebagai buruh pabrik, buruh penyadap karet, usaha pembuatan gula merah (aren), pedagang dan buruh tani. Dampak dari apa yang dilakukan perempuan di Desa Getas dalam berperan ganda memiliki dua dampak yaitu dampak positif berupa meningkatnya ekonomi keluarga, serta dampak negatif seperti kurangnya perhatian dan pengawasan orangtua kepada anak, dampak negatif lain yang dirasakan oleh perempuan itu sendiri adalah sering kali kelelahan. Dalam penelitian ini penulis menganalisis permasalahan dengan menggunakan teori pilihan rasional, yang menggambarkan bahwa perempuan sebagai aktor yang memiliki tujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dengan mengakses sumberdaya (pekerjaan) yang ada dan bisa di jangkau oleh perempuan di Desa Getas.

ABSTRACT:
Most women carry out dual roles due to econ omic demands, Getas Village, Singorojo District, Kendal Regency, is one of the villages that has a community with dual roles for women where a mother not only acts as a housewife but also plays a role in finding living and actively participating in providing for the family's economy, so it is not solely dependent on the results obtained by the husband, because the husband has not been able to meet the needs of the family, the role of women in participating in saving the family economy is very large. This study aims to: (1). find out how the form of participation by women in Getas Village to improve the family economy (2). find out how the impact of women's dual roles.
In this study, the author uses qualitative research methods and the approach used in this study is a descriptive narrative approach, namely describing or describing a case qualitatively that emphasizes an analysis, regarding the data obtained in the field so as to produce descriptive data in the form of written words or verbal statements of people and observed behavior, with data collection techniques of observation, interviews, literature studies and documentation.
The results of this study indicate that women have a rational goal to achieve their desire to improve their family economy. The form of women's participation in the context of improving the family economy is to carry out a dual role, namely in addition to being a housewife with all the duties and responsibilities of women in Getas Village. also work, this is done to increase the family's economy, due to the husband's insufficient income, the work women do in Getas Village include: factory workers, rubber tappers, brown sugar (palm palm) manufacture, traders and farm workers. The impact of what women do in Getas Village in having a dual role has two impacts, namely a positive impact in the form of increasing the family economy, as well as a negative impact such as a lack of parental attention and supervision to children, another negative impact felt by women themselves is that they are often tired. In this study, the author analyzes the problem using rational choice theory, which describes women as actors who have a goal to improve the family's economy by accessing existing resources (jobs) that can be reached by women in Getas Village.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran ganda; Perempuan; Ekonomi keluarga; Teori pilihan rasional
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Mar 2023 08:05
Last Modified: 11 Mar 2023 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics