Peran komunitas Demak Darbuka Community (DDC) terhadap kelompok rebana di Kabupaten Demak

Rasyid, Abdul (2022) Peran komunitas Demak Darbuka Community (DDC) terhadap kelompok rebana di Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026087_Abdul_Rasyid] Text (Skripsi_1706026087_Abdul_Rasyid)
Skripsi_1706026087_Abdul_Rasyid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Demak Darbuka Community merupakan komunitas yang dinaungi oleh Serikat Darbuka Indonesia (SDI). Serikat Darbuka Indonesia adalah sebuah komunitas induk yang menaungi seluruh komunitas darbuka yang ada di Indonesia. Terdapat 40 komunitas yang ada di Indonesia yang di naungi oleh SDI yang memiliki tujuan persaudaraan serta pelatihan alat musik darbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunitas Demak Darbuka Community (DDC) terhadap kesenian rebana di Kabupaten Demak dan untuk mengetahui strategi komunitas Demak Darbuka Community (DDC) ketika menjalankan peran sosial di masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut: Pertama, peran komunitas Demak Darbuka Community (DDC) terhadap kesenian rebana di Kabupaten Demak yakni sebagai wadah untuk meningkatkan bakat rebana, tempat untuk meningkatkan ketrampilan rebana, mempererat kebersamaan dan kekompokan dari para anggota, tempat penguat komunikasi antar anggota, tempat untuk menunjukkan eksistensi rebana dan tempat penguat kesenian rebana. Kedua, strategi komunitas Demak Darbuka Community (DDC) dalam menghadapi ketika menjalankan peran sosial di masyarakat yaitu perencanaan komunitas, pengorganisasian komunitas rebana, pelaksanaan komunitas rebana (motivasi, bimbingan keteladanan dan arahan) serta pengawasan (pengawasan kegiatan komunitas dan pengawasan keuangan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Demak Darbuka Community (DDC); Kesenian rebana
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Mar 2023 08:31
Last Modified: 11 Mar 2023 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19419

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics