Strategi bertahan hidup buruh petani karet di masa pandemi covid-19 : studi pada buruh petani Karet di Desa Merbuh Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal

Pangestu, Irfan Surya (2022) Strategi bertahan hidup buruh petani karet di masa pandemi covid-19 : studi pada buruh petani Karet di Desa Merbuh Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026008_Irfan_Surya_Pangestu] Text (Skripsi_1806026008_Irfan_Surya_Pangestu)
Skripsi_1806026008_Irfan_Surya_Pangestu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mengaruhi semua sektor perekonomian tidak terkecuali dalam bidang perkebunan karet yang kemudian berdampak kepada kehidupan buruh petani karet. Seperti yang terjadi pada buruh petani karet di Desa Merbuh Buruh petani yang bekerja di PT Nusantara IX. Buruh petani karet mengalami dampak yang diakibatkan gaji yang tidak menentu dengan ditambah harga kebutuhan rumah tangga naik selama pandemi Covid-19. Akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, buruh petani melakukan upaya berupa strategi bertahan hidup selama pandemi Covid-19. 1) Bagaimana dinamika kehidupan buruh petani karet di Desa Merbuh Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal sebelum dan selama pandemi Covid-19?. 2) Bagaimana mengetahui strategi bertahan hidup buruh petani karet di Desa Merbuh Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal selama pandemi Covid-19?.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif., dengan sumber data melalui informan utama yaitu buruh petani karet dan informan pendukung lainnya. Penelitian ini menggunakan teori Mekanisme Survival yang dicetuskan oleh James Scott. Data diperoleh dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.
Hasil dari penelitian ini adalah kehidupan buruh petani karet di Desa Merbuh Kecamatan Singgorojo Kabupaten Kendal mengalami perubahan saat pandemi Covid-19. Buruh petani karet saat pandemi Covid-19 bekerja lebih ektra untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga karena pengeluaran yang semakin tinggi dibanding dengan pemasukan yang tidak menentu. Upaya buruh petani karet untuk bertahan dalam kondisi tersebut dengan melakukan mekanisme survival yaitu dnegan mengencangkan ikat pingang, mencari pemasukan tambahan dan memanfaatkan jaringan sosial. Faktor perkebunan yang kurang terurus dengan baik, musim hujan yang menganggu hasil sadapan karet dan pendidikan merupakan hambatan buruh petani karet untuk memenuhi kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dinamika sosial ekonomi; Bertahan hidup; Buruh petani karet; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:20
Last Modified: 13 Mar 2023 09:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics