Modal sosial pelaku usaha e-commerce : studi pelaku usaha di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak

Arrahmah, Laily (2022) Modal sosial pelaku usaha e-commerce : studi pelaku usaha di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026029_Laily_Arrahmah] Text (Skripsi_1806026029_Laily_Arrahmah)
Skripsi_1806026029_Laily_Arrahmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2020 pengguna internet di Indonesia semakin mengalami kenaikan, keberadaan internet merubah sebagian besar aktivitas yang semula offline menjadi online, yang diterima secara umum dan dikenal oleh semua kalangan masyarakat. Banyaknya pengguna internet di masyarakat ini salah satunya telah menciptakan peluang bagi dunia bisnis populer melelalui internet saat ini. Hadirnya e-commerce dipercaya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Adanya fenomena e-commerce ini membantu pelaku usaha dalam memastikan strategi pemasaran yang menarik bagi pembeli dan membantu usaha dalam percepatan pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat bentuk dan dampak modal sosial pelaku usaha e-commerce.
Penelitian lapangan ini memakai metode kualitatif memakai pendekatan deskriptif. Jenis penelitian menggunakan data primer dan data sekunder, teknik penghimpunan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data memakai analisis data kualitatif menyatakan terdapat tiga tahapan guna analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga bentuk modal sosial yang harus pelaku usaha e-commerce jalankan dengan baik, yakni kepercayaan, jaringan dan norma.
Hasil penelitian ini menunjukan bentuk dari modal sosial bisa menghasilkan dampak yang baik jika bentuk modal sosial tersebut dijalan dengan bersama-sama. Dampak dari bentuk modal sosial yaitu adanya peningkatan konsumen, peningkatan pendapatan, peningkatan cakupan penjualan, adanya reward dari pihak e-commerce dan lainnya. Terdapat keterkaitan satu sama lain dari pelaku usaha dengan e-commerce, e-commerce dengan pelaku usaha dan pembeli dengan pelaku usaha. Ketiga saling adanya berkaitan atas modal sosial yakni kepercayaan, jaringan serta norma. Pelaku usaha e-commerce akan mendapatkan dampak yang positif ketika menjalankan bentuk modal sosial tersebut.

ABSTRACT:
In 2020, Indonesia will have a growing number of internet users. The internet’s existence shifts some proviously offline activities to online ones, which is widely acknowledged and known in all social groups. The large number of internet users in this community has created opportunities for the popular business world through the internet today. The presence of e-commerce is believed to be able to meet the needs of community. The existence of this e-commerce phenomenon helps business actors in ensuring masrketing strategies that are attractive to buyers and helps businesses in accelerating marketing. The purpose of this study is to see the form and impact of social of e-commerce business actors.
This field research uses qualitative methods with a descriptive approach. This type of research uses primary data and secondary data, data collection techniques use observation, interviews and documentation. Technical data analysis using qualitative data analysis states that there are there stages in analyzing data, including data reduction, data presentation and drawing conclusions. The are three forms od social capital that e-commerce business actors must run well, namely trust, networks and norms.
The results of this study show the form of social capital can have a good impact if the form of social capital is carried out together. The impact of the form of social capital is an increase in consumers, an increase in income, an increase in sales coverage, reward from e-commerce and others. There is a relationship with each other between business actors and e-commerce, e-commerce with business actors and buyers with business actors. The third is interrelated over social capital, namely trust, networks and norms. E-commerce business actors will have a positive impact when carrying out this form of social capital.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal sosial; Pelaku usaha; E-commerce
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Mar 2023 10:03
Last Modified: 13 Mar 2023 10:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19431

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics