Tindak pidana suap pada pengaturan skor pertandingan sepak bola di Liga Indonesia dalam prespektif hukum pidana dan Hukum Pidana Islam

Efendi, Yunus (2022) Tindak pidana suap pada pengaturan skor pertandingan sepak bola di Liga Indonesia dalam prespektif hukum pidana dan Hukum Pidana Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602026069_Yunus_Efendi] Text (SKRIPSI_1602026069_Yunus_Efendi)
1602026069_Yunus Efendi_Lengkap Tugas Akhir - Yunus Efendi(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam bentuk skripsi ini berjudul “Tindak Pidana Suap Pada Pengaturan Skor Pertandingan Sepakbola di Liga Indonesia dalam Prespektif Hukum Pidana dan Hukum Pidana Islam”. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana tindak pidana suap pada pengaturan skor pertandingan sepakbola di Liga Indonesia menurut hukum pidana dan hukum pidana Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif degan jenis penelitian yuridis normatif, data yang dikumpulkan adalah data primer yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap serta perundang-undangan dan data sekunder yaitu buku-buku, pendapat para ahli hukum, jurnal hukum dan artikel hukum yang berhubungan dengan Tindak Pidana Pengaturan Skor (match fixing). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perbuatan pengaturan skor (match fixing) dalam hukum nasional berlaku UU Nomor 11 tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap Pengaturan Skor yakni dalam pasal 2 dan pasal 3 dipidana karena memberi suap dengan pidana penjara selama-lamanya 5 (lima) tahun atau denda sebanyak banyaknya Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Dan menurut Peraturan Organisasi PSSI Tentang Kode Disiplin PSSI 2018, sanksi yang dikenakan pelaku merupakan sanksi yang bersifat administratif, berupa sanksi denda dan larangan berkecimpung didalam olahraga. Sedangakan, dalam hukum pidana Islam, pengaturan skor ini disamakan dengan perbuatan risywah, sehingga pengaturan skor dapat dikategorikan jarimah ta’zir dengan berat atau ringanya sanksi ditentukan oleh negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaturan skor; tindak pidana; fairplay; suap; risywah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:20
Last Modified: 14 Mar 2023 04:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics