Implementasi restorative justice pada tindak pidana pencurian terhadap peraturan kejaksaan (Perja) Nomor 15 Tahun 2020 Di Kejaksaan Negeri Semarang perspektif Hukum Pidana Islam

Valerina, Anindita Tresa (2022) Implementasi restorative justice pada tindak pidana pencurian terhadap peraturan kejaksaan (Perja) Nomor 15 Tahun 2020 Di Kejaksaan Negeri Semarang perspektif Hukum Pidana Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902026068_Anindita_Tresa_Valerina] Text (SKRIPSI_1902026068_Anindita_Tresa_Valerina)
1902026068_Anindita Tresa V_Lengkap Tugas Akhir - Anindita Tresa Valerina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembaharuan dalam penyelesaian tindak pidana dengan menggunakan pendekatan keadilan restorative (restorative justice) dalam pidana pencurian sudah dipraktekkan di Kejaksaan Negeri Kota Semarang. Konsep ini dalam hukum pidana Islam terlihat pada jarĩmah qiṣâṣ dan dĩyat. Pemaafan yang diberikan oleh korban, menggugurkan hukuman qiṣâṣ dan diganti hukuman diyat. Penerapan pada pidana pencurian dilakukan dengan beberapa persyaratan yang harus terpenuhi dalam hukum positif dan hukum pidana Islam. Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas yang menjadi masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana implementasi restorative justice pada tindak pidana pencurian terhadap Perja No.15 Tahun 2020 di wilayah Kejaksaan Negeri Semarang dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap restorative justice pada tindak pidana pencurian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan meneliti secara langsung ke lapangan (wawancara). Sumber data berasal dari sumber primer, diperoleh dari wawancara dengan informan. Sumber sekunder diperoleh dari buku, jurnal, artikel, maupun karya ilmiah. Sumber sekunder terdiri dari sumber hukum primer yang diperoleh dari Perja No.15 Tahun 2020.
Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa restorative justice pada pidana pencurian terhadap Peraturan Kejaksaan No.12 Tahun 2020 sudah diimplementasikan di Kejaksaan Negeri Kota Semarang, namun ada perbedaan antara law in the books dengan law in action. Diantara jarĩmah ḥudũd, jarĩmah pencurian merupakan jarĩmah yang diperbolehkan untuk diberikan pertolongan melalui iṣlȃḥ (perdamaian) apabila belum dilaporkan kepada pihak berwajib. Dapat dikatakan restorative justice dapat dilakukan pada jarĩmah pencurian apabila belum dilaporkan kepada pihak berwajib, tidak terpenuhinya syarat-syarat had potong tangan, dan korban memberikan pengampunan terhadap korban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pencurian; restorative justice; perdamaian; pemaafan.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:27
Last Modified: 17 Mar 2023 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19460

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics