Analisis hukum ekonomi syari’ah terhadap pembiayaan murabahah : studi kasus nasabah BTPN Syari’ah KC Semarang

Afrida, Silvi (2022) Analisis hukum ekonomi syari’ah terhadap pembiayaan murabahah : studi kasus nasabah BTPN Syari’ah KC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skrisi_1902036179_Silvi Afrida_Full] Text (Skrisi_1902036179_Silvi Afrida_Full)
1902036179_Silvi Afrida_Full_Skripsi - 179 SILVI AFRIDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembiayaan murabahah di BTPN Syariah KC Semarang merupakan pembiayaan yang menggunakan akad wakalah wal murabahah. Murabahah merupakan jenis transaksi yang paling banyak digunakan dalam perbankan syariah. Namun dalam praktiknya kepada nasabah, terdapat indikasi bahwa pembiayaan murabahah yang dilakukan BTPN Syariah KC Semarang tidak sesuai dengan Fatwa DSN MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Murabahah, selain itu terdapat lebih dari dua akad dalam satu transaksi pembiayaan, serta sanksi berupa denda apabila terlambat hadir saat angsuran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research), sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Berdasarkan analisis hukum ekonomi syariah, rukun serta syarat murabahah dalam pembiayaan ini terpenuhi sehingga sesuai dengan KHES Buku II Tentang Akad Pasal 119. Adanya penggabungan akad dalam transaksi murabahah dibolehkan dalam Fatwa DSN MUI No.4 Tahun 2000 Tentang Murabahah dan KHES Buku II Tentang Akad Pasal 119.
Pembiayaan murabahah di BTPN Syariah KC Semarang sudah sesuai karena terdapat akad wakalah untuk mewakilkan pembelian barang kepada Nasabah. Adanya sanksi jika terlambat hadir saat angsuran berupa denda dalam pembiayaan murabahah di BTPN Syariah KC Semarang diterapkan sesuai dengan kesepakatan nasabah dan pihak community officer sehingga apabila nasabah tidak setuju dengan berlakunya sanksi tersebut, dapat dihapus ketentuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekonomi syariah; Pembiayaan; Nasabah; Murabahah; BTPN Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Mar 2023 10:22
Last Modified: 17 Mar 2023 10:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics